Validity Test of E-LKPD to Improve Students' Argumentation Skills on Chemical Equilibrium Material

Lucky Arthamevia Andreani, Bertha Yonata

Abstract


Dalam bidang pendidikan kimia, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan keterampilannya sesuai dengan keterampilan yang dibutuhkan pada abad ke-21. Salah satu kompetensi kerangka 4C adalah berpikir kritis dan keterampilan komunikasi. Kedua kompetensi ini dikemas menjadi satu kesatuan dalam keterampilan argumentasi. Keterampilan argumentasi berperan dalam melatih siswa mengembangkan kemampuan berpikirnya sehingga meningkatkan pemahamannya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-LKPD yang valid untuk meningkatkan kemampuan argumentasi siswa dalam konteks kesetimbangan kimia. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan, yang meliputi tahapan sebagai berikut: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Namun penelitian ini hanya sebatas tahap pengembangan dengan uji coba terbatas untuk mengetahui kelayakan produk. Keterbatasan ini didasarkan pada beberapa pertimbangan antara lain waktu, tenaga, dan kendala. Validasi dilakukan oleh tiga orang validator yang terdiri dari dua orang dosen program studi pendidikan kimia dan satu orang guru mata pelajaran kimia. Skor validitas yang dihasilkan kemudian dianalisis menggunakan metode mode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD valid ditinjau dari validitas isi. Nilai modus untuk kategori ini adalah 5 yang menunjukkan hasil yang sangat valid

Keywords


Validity, E-LKPD, Argumentation Skills, Chemical Equilibrium

Full Text:

PDF

References


Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah di Bengkulu. Jurnal Kependidikan.

Almazroui, K. M. (2023). Project-Based Learning for 21st-Century Skills: An Overview and Case Study of Moral Education in the UAE. The Social Studies, 114(3), 125–136. https://doi.org/10.1080/00377996.2022.2134281

Amelia, S., Suciati, & Maridi. (2017). Profil Keterampilan Argumentasi Siswa SMA Negeri 5 Surakarta. Seminar Nasional Pendidikan Sains II UKSW, Yogyakarta, Yogyakarta.

Akpur, U. (2020). Critical, Reflective, Creative Thinking and Their Reflections on Academic Achievement. Thinking Skills and Creativity, 37, 100683. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100683

Alsaleh, N. J. (2020). Teaching Critical Thinking Skills: Literature Review. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 19(1), 21–39.

Arends, R. (2012). Learning to Teach. Tenth Edition. New York: McGrawHill Education.

Ardhani, A., Yonata, B. (2023). Validity of Project-Based Learning-Based Worksheets to Improve Critical Thinking Skills on Acid-Base Material. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 200-208

Azwar, S. (2005). Dasar-Dasar Psikometri. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Baran, M., Baran, M., Karakoyun, F., & Maskan, A. (2021). The Influence of Project-Based STEM (PjbL-STEM) Applications on the Development of 21st Century Skills: Research Article. Journal of Turkish Science Education, 18(4), Article 4.

Behar-Horenstein, L. S., & Niu, L. (2011). Teaching Critical Thinking Skills In Higher Education: A Review Of The Literature. Journal of College Teaching & Learning (TLC), 8(2), Article 2. https://doi.org/10.19030/tlc.v8i2.3554

Billah, A., Masykuri, M., Sarwanto, & Sajidan. (2021). Analysis of critical thinking in junior high school students through science learning in Indonesia: A systematic review. Journal of Physics: Conference Series, 1796(1), 012013. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012013

Brotosiswojo. (2001). Hakekat Pembelajaran MIPA dan Kiat Pembelajaran Kimia di Perguruan Tinggi. Jakarta: Depdiknas.

Chang, R. (2005). Kimia Dasar. Jakarta: Erlangga.

Chen, & She. (2012). The Impact of Recurrent On-line Synchronus Scientific Argumentation on Students' Argumentation and Copceptual Change. Educational Technology & Society, 197-210.

Coaley, K. (2010). An Introduction to Psychological Assessment and Psychmetrics. London: Sage.

Cook, D. A. (2006). Current concepts in validity and reliability for psychometric instruments: Theory and application. American Journal of Medicine , 119.

Craft, A. M., & Capraro, R. M. (2017). Science, Technology, Engineering, and Mathematics Project-Based Learning: Merging Rigor and Relevance to Increase Student Engagement. Electronic International Journal of Education, Arts, and Science (EIJEAS), 3(6), Article 6. http://www.eijeas.com/index.php/EIJEAS/article/view/110

Deane, P., & Song, Y. (2014). A Case Study in Principled Assesment Design: Designing Assesments to Measure and Support the Development of Argumentative Reading and Writing Skills. Psicologia Educativa, 99-108.

Devellis, R. F. (2003). Scale Development. London: Sage Publication.

Devi, E. S. (2018). Analisis Kemampuan Argumentasi Siswa SMA Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia, 3, 152-159.

Devon, H. A.-E.-P. (2007). A psychometric toolbox for testing validity and reliability. Journal of Nursing Scholarship, 155-164.

Devy, H., Puspitawati, R., & Yakub, P. (2020). Validitas dan Efektivitas LKPD Pendekatan Toulmin's Argument Pattern untuk Melatih Keterampilan Argumentasi. Bioedu, 80-87.

Dhari, H. M., & Haryono, A. (1998). Metodologi Pembelajaran. Malang: Depdikbud.

Erduran. (2008). Tapping Argumentation:Developments in application of Toulmin’s Argumen Pattern for studying science discource. International Journal Of Science.

Fiaqoh, N. K. (2018). Profil Keterampilan Argumentasi Siswa Kelas X dan XI MIPA di SMA Batik 1 Surakarta pada Materi Keanekaragamn Hayati. Jurnal Pendidikan Biologi, 174-182.

Ginanjar, S., Utari, S., & Muslim. (2015). Penerapan Model Argument-Driven Inquiry Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran IPA, 32-37.

Gulo, W. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hulyadi, H., Bayani, F., Ferniawan, Rahmawati, S., Liswijaya, Wardani, I. K., & Swati, N. N. S. (2024). Meeting 21st-Century Challenges: Cultivating Critical Thinking Skills through a Computational Chemistry-Aided STEM Project-Based Learning Approach. International Journal of Contextual Science Education, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.29303/ijcse.v1i2.609

Karisan, D. (2015). Exploration of Preservice Science Teachers’ Written Argumentation Skills in A Laboratory Course: A Toulmin-Based Analyseis. INESJOURNAL, 247-261.

Kuhn, D., & Udell, W. (2007). Coordinating Own And Other Perspectives in Argument. Thinking & Reasoning , 90-104.

Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sari, E. (2016). Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (lkpd) berbasis karakter pada mata pelajaran kimia sma. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Sariati, N. K. (2020). Analisis Kesulitan Belaar Kimia Siswa Kelas XI pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sulastri, S., & Susila, K. (2010). Berbagai Macam Silika: Sintesis, Karakterisasi, dan Pemanfaatan. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA.

Suryabrata, S. (2005). Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Thiagarajan. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washington DC: National Center for Improvement Educational System.

Trisiana, L. B. (2019). ANALISIS PENALARAN SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 SERIRIT DITINJAU DARI ARGUMENTASI TOULMIN PADA TES HASIL BELAJAR TOPIK ASAM BASA.

Zakiyah, Z. I. (2018). Analisis Dampak Kesulitan Siswa pada Materi Stoikiometri terhadap Hasil Belajar Termokimia dan Upaya Menguranginya dengan Metode Pemecahan Masalah. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 119.




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v12i3.11500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.