Description of Students' Science Literacy Ability on Electrolyte and Non-Electrolyte Solution Materials at SMAN 11 Pontianak
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abduloh, U., Karomah, N., & Hidayati, S. (2018). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dalam Soal literasi matematika melalui model creative problem solving kelas VIII H SMPN 9 Semarang. PRISMA, Prosiding seminar nasional matematika, 1, 774–780.
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561
Anjarsari, P. (2014). Literasi Sains Dalam Kurikulum Dan Pembelajaran Ipa Smp. Prosiding Semnas Pensa VI ”Peran Literasi Sains”.
Azizah Arisman, A. P. (2015). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Metode Praktikum Dan Demonstrasi Multimedia Interaktif (Mmi) Dalam Pembelajaran Ipa Terpadu Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Edusains, 7(2), 179–184.
Dewi, R., Titin Supriyanti, F. M., & Dwiyanti, G. (2016). Analisis Penguasaan Konsep Larutan Elektrolit-Nonelektrolit Siswa Menggunakan Siklus Belajar Hipotesis Deduktif. Jurnal Kimia dan Pendidikan, 1(2), 1–12.
Diana, S., Rachmatulloh, A., & Rahmawati, E. S. (2015). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Berdasarkan Instrumen Scientific Literacy Assesments ( SLA ) High School Students ’ Scientific Literacy Profile Based on Scientific Literacy Assessments ( SLA ) Instruments. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi 2015 FKIP UNS, 285–291.
Fitriani, W., Hairida, & Lestari, I. (2014). Deskripsi Literasi Sains Siswa Dalam Model Inkuiri Pada Materi Laju Reaksi Di Sman 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3 (1), 12.
Nisrina, N., Jufri, A. W., & Gunawan, G. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 192–199. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1880
Nur Hasan, E., Rusilowati, A., & Astuti, B. (2018). Analysis of Students Science Literacy Skills in Full Day Junior High School Article Info. Budi Astuti / JISE, 7(2), 237–244.
Odja, A. H., & Payu, C. S. (2014). Analisis-Kemampuan-Awal-Literasi-Sains-Siswa-Pada-Konsep-IPA.pdf. Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya.
OECD. (2019a). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework, PISA. In OECD Publishing. OECD Pubhlishing. https://doiorg/10.1787/b25efab8-en
OECD. (2022). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. OECD Pubhlishing, Paris. https://doi.org/10.1787/53f23881-en.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9, 34–42.
Ridani, M. (2021). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa MAN 2 Ngawi pada Materi Hukum Dasar Kimia.Undergraduate (S1) Thesis, Universitas Islam Indonesia Walisongo Semarang.
Rohmaya, N., Sudiatmika, A. A. I. A. R., & Subagia, I. W. (2022). Deskripsi Kemampuan Awal Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA MAN Buleleng Pada Topik Kimia Hijau. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 9(1), 28–41. https://doi.org/10.36706/jppk.v9i1.16929
Shwartz, Y., Ben-Zvi, R., & Hofstein, A. (2006). The use of scientific literacy taxonomy for assessing the development of chemical literacy among high-school students. Chemistry Education Research and Practice, 7(4), 203–225. https://doi.org/10.1039/B6RP90011A
Yusuf, S. (2003). Literasi Sains Siswa Indonesia Laporan PISA 2003. Jakarta : Pusat Penelitian Pendidikan. Tersedia di : http://www.p4tkipa.org.
DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v12i2.10176
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.