Implementing the Quantum Learning Model to Enhance Students' Physics Learning Outcomes
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprilia, T., Sutrio, S., & Sahidu, H. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Quantum Learning Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.129
Asy’ari, M., Fitriani, H., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2019). The Science Process Skills of Prospective Biology Teachers in Plant Cell Material Based on Gender. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 14(19), Article 19. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i19.11208
Baroroh, H. F., Prihandono, T., & Subiki, S. (2017). Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Media Flash dalam Pembelajaran Fisika di SMA. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.19184/jpf.v6i4.6229
Cahyaningrum, A. D., Ad, Y., & Asyhari, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Terhadap Hasil Belajar. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4363
Ekayanti, B. H., Prayogi, S., & Gummah, S. (2022). Efforts to Drill the Critical Thinking Skills on Momentum and Impulse Phenomena Using Discovery Learning Model. International Journal of Essential Competencies in Education, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.36312/ijece.v1i2.1250
Faj, N. A., Fakhri, J., & Yusandika, A. D. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Metode Praktikum terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i2.2771
Hidayana, H., Ahzan, S., & Rahmawati, H. (2022). Penerapan Model Problem-Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika pada Sub-pokok Bahasan Kalor. Reflection Journal, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.36312/rj.v2i2.1131
Humayrah, H., Zainuddin, Z., & Mahtari, S. (2022). Pengembangan Modul Fisika Bermuatan Authentic Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Reflection Journal, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.36312/rj.v2i2.1090
Iskandar, J., Gummah, S., Prayogi, S., & Asy’ari, M. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMP. Empiricism Journal, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.36312/ej.v2i1.515
Januarti, L., Jannatin ‘Ardhuha, Verawati, N. N. S. P., & Gunawan, G. (2023). Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Empiricism Journal, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.36312/ej.v4i1.1107
Kalsum, U., Mutmainna, M., & Harmintin, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Musik dalam Model Pembelajaran Quantum Learning terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 4(1), 16–24. https://doi.org/10.31605/phy.v4i1.1458
Khotimah, U. K., Ariani, T., & Gumay, O. P. U. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri Jayaloka. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 1(2), 103–110. https://doi.org/10.31539/spej.v1i2.255
Kurniawati, K., Herayanti, L., Putrayadi, W., & Armansyah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Metode Active Learning Tipe Quiz Team Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Siswa. Reflection Journal, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.36312/rj.v2i2.1091
Lokaria, E., & Nopiyanti, N. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menerapkan Model Quantum Learning Siswa SMPN O Mangunharjo. Jurnal Perspektif Pendidikan, 12(1), Article 1.
Ningrum, D. J., Mahardika, I. K., & Gani, A. A. (2015). Pengaruh Model Quantum Teaching dengan Metode Praktikum terhadap Kemampuan Multirepresentasi Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X di SMA Plus Darul Hikmah. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 4(2), Article 2. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/1873
Noperlis, A. D., & Neviyarni. (2022). Studi Literatur: Efektivitas Metode Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.56480/eductum.v1i2.766
Perdana, R., Subiyantoro, C., & Anggraini, L. (2019). Sikap dan Motivasi Siswa Pada Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.24905/psej.v4i2.13
Prahara E. P., Y. A., Subiki, S., & Maryani, M. (2021). Model Quantum Learning dengan Metode Eksperimen pada Pembelajaran Fisika di SMPN 7 Jember Kelas VIII. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.19184/jpf.v1i3.23177
Prayogi, S., & Asy’ari, M. (2013). Implementasi Model Pbl (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 1(1), 80. https://doi.org/10.33394/j-ps.v1i1.521
Puspaningrum, A., Mahardika, I. K., & Supriadi, B. (2015). Peningkatkan Kemampuan Multirepresentasi IPA (Fisika) dengan Model Quantum Learning disertai Metode Eksperimen pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 7 Jember. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 3(4), Article 4. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/1429
Puspitasari, T. O., Putri, Y. E., & Yohanes, Y. (2019). Sikap Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 3(2), 79–85. https://doi.org/10.30599/jipfri.v3i2.537
Rodiyana, R. (2018). Pengaruh Penerapan Strategi Quantum Learning terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), Article 2.
Sandiyanti, A., & M, R. R. (2018). Pengembangan Modul Bilingual Bergambar Berbasis Quantum Learning pada Materi Peluang. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2280
Sarriyani, S., Sukroyanti, B. A., & Habibi, H. (2023). Pengembangan Worksheet Berbasis Discovery Learning pada Materi Fisika Kelas XI untuk Mengetahui Peningkatan Hasil Belajar. Empiricism Journal, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.36312/ej.v4i1.1279
Sukaisih, R., & Muhali, M. (2014). Meningkatkan Kesadaran Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Problem Solving. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.33394/j-ps.v2i1.803
Sukaisih, R., Muhali, M., & Asy’ari, M. (2020). Meningkatkan keterampilan metakognisi dan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran model pemecahan masalah dengan strategi konflik-kognitif. Empiricism Journal, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.36312/ej.v1i1.329
Wigati, F. A. (2016). The Effect of the Implementation of Quantum Teaching Strategy in Teaching Writing a Descriptive Text. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.35706/judika.v4i1.235
DOI: https://doi.org/10.33394/j-lkf.v11i1.8558
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.