Pengembangan Instrumen Validasi Produk Multimedia Pembelajaran Fisika

Nada Nisrina, Irma Rahmawati, Fitri Nur Hikmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penelitian berupa lembar validasi produk multimedia pembelajaran fisika yang valid dan reliabel. Instrumen berupa lembar validasi produk multimedia pembelajaran fisika ini terdiri dari 55 item pernyataan yang berfungsi untuk menilai kelayakan produk multimedia pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 3D yang dimodifikasi dari Thiagarajan. Data validitas dan reliabilitas instrumen diperoleh dari validator yang terdiri dari tiga orang ahli. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dengan skala 1 sampai 4. Teknik analisis data menggunakan formula Aiken untuk uji validitas instrumen dan Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 8 item yang memperoleh nilai koefisien Aiken’s V sebesar 0,60<V<0,80 (validitas tinggi) dan 47 item memperoleh nilai 0,80<V<1,00 (sangat tinggi). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa 55 item pada instrumen adalah valid. Hasil uji reliabilitas instrumen memperoleh nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,994 yang termasuk dalam kategori sangat reliabel. Dengan demikian, instrumen berupa lembar validasi produk multimedia pembelajaran fisika yang dikembangkan sangat valid dan reliabel sehingga layak digunakan untuk mengukur kelayakan  produk multimedia pembelajaran fisika.

Development Of Validation Instruments Multimedia Products Physics Learning

Abstract

This study aims to produce a valid and reliable instrument as a validation sheet for measuring the advisability of physics learning multimedia products. The instrument consists of 55 items. This study uses a 3D development model that is modified from Thiagarajan. Validity and reliability of instruments obtained from validators consisting of three experts. Data collection uses a questionnaire technique with a scale of 1 to 4. The data analysis technique uses the Aiken formula to test the validity of the instrument and Cronbach's Alpha to test the reliability of the instrument. The results showed that eight items scored Aiken's V coefficient of 0.60 <V < 0.80 (high validity), and 47 items scored 0.80 <V<1.00 (very high). Therefore, it can be said that 55 items on the instrument are valid. The results of the instrument reliability test obtained a Cronbach's Alpha value of 0.994, which was included in the very reliable category. Thus, the instrument is very valid and reliable, so it is suitable for measuring the advisability of physics learning multimedia products.


References


Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran berupa buletin dalam bentuk buku saku untuk pembelajaran IPA terpadu 05(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Diani, R., Hartati, N. S., & Email, C. A. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Flipbook Berbasis Literasi Islam: Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Dengan 3D Pageflip Professional, 4(2), 234–244. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.20819

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934

Ernawati, I., & Sukadiono, T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 2.

Hamdi, H., Asrizal, & Kamus, Z. (2013). Pembuatan Multimedia Interaktif Menggunakan Moodle pada Kompetensi Mengamati Gejala Alam dan Keteraturannya untuk Pembelajaran Siswa SMA Kelas XI Semester 1. Pillar Of Physic Education, 1(April), 55–62.

Hendryadi, H. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB), 2(2), 169–178.

Kuswanto, J., Walusfa, Y., Artikel, S., Korespondensi, A., Ratu Penghulu No, J., Sari, K., Baru, T., Raja Tim, B., Ogan Komering Ulu, K., & Selatan, S. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet

Liana, Y. R., Ellianawati, & Hardyanto, W. (2019). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software pada Materi Listrik Dinamis. Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 926–932.

Masykur, R., Nofrizal, & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8, 177–186.

Nurhasnah, N., Kasmita, W., Aswirna, P., & Abshary, F. I. (2020). Developing Physics E-Module Using “Construct 2” to Support Students’ Independent Learning Skills. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 3(2), 79. https://doi.org/10.21043/thabiea.v3i2.8048

Priyanto, D. (2009). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer. 14(1), 1–13.

Rahmawati, I., Nisrina, N., & Abdani, M. R. (2022). Multi-representation-based interactive physics electronic module as teaching materials in online learning. 11(1), 47–55. https://doi.org/10.24042/jipf

Rasyid, M., Azis, A. A., Saleh, A. R., Biologi, M. J., Makassar, U. N., Biologi, D. J., & Makassar, U. N. (n.d.). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA.

Syafutri, E., & Pramudya, Y. (2019). PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA INTERAKTIF PADA MATERI FLUIDA DINAMIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN SETS ( Science , Environment , Technology , Society ). September, 330–340.

Tomoliyus, & Sunardianta, R. (2020). Validitas dan reliabilitas instrumen tes reaktif agility tenis meja. Jurnal Keolahragaan, 8(No. 2), 148–157. https://www.researchgate.net/publication/343992592_Validitas_Aiken’s_instrumen_tes_untuk_mengukur_reaktif_agility_olahraga_khusus_tenis_meja

Widyatmojo, G., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbentuk game untuk menstimulasi aspek kognitif dan bahasa. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 38. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10194




DOI: https://doi.org/10.33394/j-lkf.v10i1.5278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.