Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV SD pada Materi Sumber Energi

Sumarli Sumarli, Erdi Guna Utama, Kristina Ayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IV SD pada materi sumber energi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen (pre-experimental design). Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dengan jumlah 71 terdiri dari kelas A, B, dan C.Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan terpilih kelas IVB dengan jumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes kemampuan pemahaman konsep dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa SD antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran CUPs pada materi sumber energi dan analisis persentase deskriptif untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran CUPs yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran CUPs dengan hasil thitung = 7,37302> ttabel = 2,07387. (2) Respon siswa positif terhadap model pembelajaran CUPs yang telah diterapkan dengan persentase 77% kategori baik sekali. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IV SD pada materi sumber energi.

The Effect of Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Learning Model on Conceptual Understanding Ability of Fourth Grade Elementary School Students on Energy Source Materials

Abstract

This study aims to determine the effect of the Conceptual Understanding Procedures (CUPs) learning model on the conceptual understanding ability of fourth grade elementary school students on energy sources. The type of research used was quantitative research with experimental research methods (Pre-experimental design). The research design used was one group pretest-posttest design. The population in this study were all fourth grade students with a total of 71 consisting of classes A, B, and C. The sampling technique used the purposive sampling and selected class IVB with a total of 24 students as the experimental class. The instruments used in the study were a test of the ability to understand concepts and student response questionnaires. The data analysis technique used in this study was the t-test to determine the difference in the conceptual understanding ability of students between before and after using the CUPs learning model on energy sources and descriptive percentage analysis to determine student responses to the CUPs learning model applied. The results showed that (1) there was a difference in the conceptual understanding ability of students before and after using the CUPs learning model with the results tcount = 7.37302> ttable = 2.07387. (2) Positive student responses to the CUPs learning model that has been applied with a percentage of 77% in the very good category. Thus, it could be concluded that there is an effect of the Conceptual Understanding Procedures (CUPs) learning model on the conceptual understanding ability of fourth grade elementary school students on energy sources.


Keywords


Model Pembelajaran CUPs; Kemampuan Pemahaman Konsep; Materi Sumber Energi; CUPs Learning Model; Conceptual Understanding Ability; Energy Sources

References


Abriani, A., & Nursalam, N. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Fisika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Evidence Based Learning Dalam Pelaksanaan Guided Inquiry. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 4(1), 40–43.

Assaibin, M., & Rahayu, A. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Model Pembelajaran (CUPs) Matematika SMK Negeri 1 Polewali. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2975–2988.

Creswell, J. W. (2009). Research Design pendekatan penelitian kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Penerjemah Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Desliani, A. (2013). Penerapan Model Chilidren Learning In Scince (CLIS) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Fitriyani, F., & Utama, E. G. (2019). Model Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 77–81.

Hidayati, F., & Sinulingga, K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Listrik Dinamis di Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Binjai TP 2014/2015. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 3(4).

Ismawati, F. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Curiosity Siswa pada Pelajaran Fisika. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Kurniawan, A. D. (2013). Metode inkuiri terbimbing dalam pembuatan media pembelajaran biologi untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1).

Lakuntu, J. K., Werdhiana, I. K., & Muslimin, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Menggunakan Metode Eksperimen terhadap Pemahaman Konsep Hukum Newton pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 5(1), 48–51.

Liu, C., Hou, I., Chiu, H., & Treagust, D.F. (2014). An Exploration of secondary students mental states when learning about acid and bases. Research in science Education, 44, 133-154

Marthafera, P., Melati, H. A., & Hadi, L. (2017). Deskripsi Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(1).

Monash. (2007). Conseptual Understanding Prosedures (CUPs). http://monash.edu/education/research/projects/conceptual-understanding-procedures/

Permendikbud Nomor 24 Tahun 2006 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar kurikulum 2013. Jakarta.

Pranata, T.I., Feby, A., Emi, S., & Hendriana, E.C. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran CUPs Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pelajaran IPA di SD. ORBITA: Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 262-270.

Restami, M. P., & Suma, K. (2013). Pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap pemahaman konsep fisika dan sikap ilmiah ditinjau dari gaya belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).

Safitri. (2020). Penerapan Model Conceptual Understanding Procedures Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTS. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 4(1).

Saputra, H.N. (2019). Analisis Respon Guru dan Siswa terhadap Penerapan Model Siklus Belajar Hipotesis Deduktif dalam Pembelajaran Kimia. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 6(2), 278–299.

Sari, P. M., & Sumarli, S. (2019). Optimalisasi Pemahaman Konsep Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Gallery Walk (Sebuah Studi Literatur). Journal of Educational Review and Research, 2(1), 69–76.

Sarurududdin, Muhammad. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN 01 Kwlayu Utara Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Education, 10(1), 118-130.

Siregar. (2016). The Effectivness of Model Learning CUPs: Impact on the Higher Order Thinking Students at Madrasah Aliyah Mathala'ul Anwar Gistting Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryati, (2017). Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Kognitif Siswa Kelas VII SMPN 7 Kuntodarusalam. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Riau.

Wulandari, R., Timara, A., Sulistri, E., & Sumarli, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SD. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 283-290.

Zakiah, R, F,N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMP pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Skripsi. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.




DOI: https://doi.org/10.33394/j-lkf.v9i2.4478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.