Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) dengan Integrated Online Registration System pada Unit Laboratorium dan Praktikum Pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta
Abstract
Untuk menyusun rancangan aplikasi online registration system yang terintegrasi dengan SIAKAD, dilakukan berbagai kegiatan yang dikelola oleh Unit Laboratorium dan Praktikum di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta. Penelitian ini mengadopsi model dari Borg (2007). Adapun prosedur pengembanganya dimulai dari analisis kebutuhan, Perencanaan, Pengembangan Form Product, Pengujian Lapangan Awal, Revisi Produk Utama, dan Pengajian Lapangan Utama. Penelitian dilaksanakan di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta. Untuk analisis data digunakan 2 cara yaitu teknik induksi pada tahap need analysis, dan interactive model milik Miles dan Huberman untuk data hasil wawancara dan uji ahli. Keabsahan data sendiri dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) On line Registration adalah model aplikasi pendaftaran yang lebih efektif untuk mahasiswa dan Unit Laboratrium dan Praktikum FITK IAIN Surakarta, (2) Online Registration System yang menjadi salah satu fitur baru dalam SIAKAD diproyeksikan sebagai salah satu fitur yang akan mempermudah layanan pada mahasiswa terkait pendaftaran sebagai calon peserta praktikan, dan (3) Disamping itu melalui layanan SIAKAD mahasiswa juga akan lebih mudah dan efektif dalam mencari informasi terbaru dari seluruh civitas akademika di lingkungan FITK khususnya yang terkait dengan kegiatan di Unit Laboratorium dan Praktikum.
Design of an Academic Information System (SIAKAD) with an Integrated Online Registration System at the Laboratory and Practicum Unit at the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training IAIN Surakarta
Abstract
To develop an online registration system that is integrated with SIAKAD, various activities are managed by the Laboratory and Practical Unit at IAIN Surakarta Faculty of Teacher Training. This study adopted a model from Borg (2007). The development procedure starts from the needs analysis, Planning, Product Form Development, Initial Field Testing, Main Product Revision, and Main Field Study. The research was conducted at the IAIN Surakarta Faculty of Teacher Training. The data analysis used two ways, namely induction techniques in the stage of need analysis, and interactive models belonging to Miles and Huberman for interview data and expert tests. The validity of the data is done through source triangulation and methods. The results of data analysis indicate that (1) Online registration is a more effective registration application model for students admitted in Laboratory and Practicum Unit, (2) Online Registration System projected as one of the features that will facilitate services for students related to registration as prospective participants, and (3) it is easier and more effective for students to find the latest information from all academics in the faculty environment especially those related to activities in the Laboratory and Practicum Units.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Al Fatta, H. (2007). Analisis & Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Danang, N. H. (2013). Sistem Informasi Akademik SMK KOSGORO 1 Sragen.
Davis, G. B. (1993). Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajement. Terjemahan, Seri Management 90.A. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.
DeLone W. H., McLean E. R., DeLone, & McLean. (1992). Model of Information Systems Success: (D&M IS Success), (1992).
DeLone W. H., McLean E. R., DeLone, & McLean. (2003). Model of Information Systems Success: a Ten-Year Update. Journal of Management Information Systems, 19 (4), 9–30.
Ihras, K. R. (2013). Analisis Sistem Informasi Akademik Online Di Universitas Diponegoro Semarang: Universitas Bina Darma.
Ikhsan, M., Anggraeni, R. S., Rarasati, D. A., Raharjo, A., Rahman, A. N., Widodo, A. P., Sediyono, E., Abstrak, S. A., Kunci, K., Sumberdaya, P., Sistem, P. ;, & Pengetahuan, M. (2021). Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika. 9(1), 73. https://doi.org/10.33394/j
Janner, S. (2006). Rekayasa Perangkat Lunak.Yogyakarta:Andi
Jogiyanto, H.M. (2005). Sistem Teknologi Informasi Edisi II. Yogyakarta: Penerbit Andi
Kadir, A. (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta.
Ladjamudin, A. B. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Graha Ilmu.Yogyakarta.
Muhammad. (2018). Evaluasi Kinerja Sistem Informasi Akademik Menggunakan IT Balanced Scorecard Pada Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh. JURNAL INFORMATIKA UPGRIS, 4 (1).
Mutmainna, M. (2021). Analysis of Prospective Physics Teachers’ Ability to Design Experiments in University of West Sulawesi. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 9(1), 1. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v9i1.3446
Pressman, R.S., (2009), Rekayasa Perangkat Lunak, Buku Satu, diterjemahkan oleh: Harnaningrum L.N., Andi, Yogyakarta.
Raymond, M. J. (2001). Sistem Informasi, Edisi 7 jilid 2. Jakarta: Prenhallindo.
Wibowo, S. E. (2007). Sistem Informasi Akademik Surakarta: Universitas Sebelas Maret
Rochaniah, S. Pengembangan Sistem Informasi Online di Sekolah, Kendal: SMP N I Gumuh
Sukarno, M. (2006). Membangun website Dinamis Interaktif dengan PHP-MySQL. Eska Media, Bekasi.
Santosa, R. B., Mahasiswa, P., Pendidikan, J., Inggris, B., & Surakarta, I. (2017). Motivasi Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Studi Kasus Motivasi Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Surakarta. In Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Agustus (Vol. 18, Issue 1). http://www.klubguru.com/2-view.php?
Sutabri, T. (2003). Analisa Sistem Informasi. Penerbit Andi Yogyakarta.
Wicaksono, S. A. (2014). ProgramPenjadwalan Perkuliahan Dengan Pendekatan Evolutionary Algorithm (Studi Kasus: Sistem Informasi Akademik (Siakad) Program Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer Universitas Brwijaya), Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 1 (2).
DOI: https://doi.org/10.33394/j-lkf.v9i2.4445
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.