Pengembangan Mobile Learning Sebagai Sumber Belajar Fisika Pada Materi Gerak Lurus Untuk Siswa Kelas X

Sesarius Yohanes Goda Toda, Aloisius Harso, Richardo Barry Astro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa mobile learning yang layak digunakan sebagai sumber belajar fisika siswa kelas X pada materi gerak lurus.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dan menggunakan desain pengembangan ADDIE dengan menggunakan kuesioner berupa angket untuk mengukur kelayakan produk yang dihasilkan. Subjek dalam penelitian berjumlah 18 orang yang meliputi 1 ahli media, 1 ahli materi, 2 guru fisika, 4 teman sejawat mahasiswa program studi pendidikan fisika (peer reviewer) dan 10 siswa kelas 10 SMA pengguna telepon genggam android. Analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dan kuantitatif dikumpulkan menggunakan instrumen berupa angket yang diperoleh digunakan sebagai dasar dalam perbaikan mobile learning.Hasil penelitian menunjukan bahwa produk berupa mobile learning layak digunakan sebagai sumber belajar fisika siswa kelas X pada materi gerak lurus berdasarkan penilaian ahli media sebesar 80%, penilaian ahli materi sebesar 70%, dan penilaian guru fisika sebesar 82,54% dengan kriteria layak/baik. Hasil uji coba terbatas menunjukan mobile learning yang dikembangkan sangat layak/sangat baik dengan rata-rata penilaian oleh peer reviewer sebesar 85,66% dan rata-rata penilaian oleh siswa sebesar 93,33%.

Development of Mobile Learning as a Source of Physics Learning in Straight Motion Materials for Class X Students

Abstract

This study aims to produce a product in the form of mobile learning that is suitable for use as a source of learning physics for class X students on straight motion material. generated. The subjects in the study were 18 people which included 1 media expert, 1 material expert, 2 physics teachers, 4 colleagues from physics education study program students (peer reviewers) and 10 10th grade high school students using android mobile phones. Analysis of the data used in this research and development uses descriptive qualitative and quantitative data analysis. Qualitative and quantitative data were collected using an instrument in the form of a questionnaire obtained to be used as a basis for improving mobile learning. The results showed that the product in the form of mobile learning was appropriate to be used as a source of learning physics for class X students in straight motion material based on the assessment of media experts by 80%, expert judgment the material is 70%, and the physics teacher's assessment is 82.54% with decent/good criteria. The results of the limited trial show that the developed mobile learning is very feasible/very good with an average assessment by peer reviewers of 85.66% and an average assessment by students of 93.33%.


Keywords


Mobile Learning; Sumber Belajar Fisika; Gerak Lurus; Mobile Learning; Physics Learning Resources; Straight Motion

References


Amry, A. B. (2014). The impact of WhatApp mobile social learning on the achievement and attitudes of female students compared with face to face learning in the classroom. European Scientific Journal. 10(22):116-136. http://eujournal.org/index.php/esj/article/view/3909

Ardiansyah, A. A., & Nana. (2020). Peran Mobile Learning Sebagai Inovasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Indonesian Journal of Education Research and Review. 22 (1): 65-70. Diakses dari https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i2.

Astra, I Made, Umiatin dan Dian Ruharman. (2012). Aplikasi Mobile Learning Fisika dengan Menggunakan Adobe Flash sebagai Media Pembelajaran Pendukung. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. 18 (II). 174-180.

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika. 3(2): 165-169.

Attewell, J. (2005). Mobile learning: reaching hard-to-reach learners and bridging thedigital divide. Methods and Technologies for Learning.

Baskara, A., Atika, L., & Oktaviani, N. (2020). Sistem Monitoring Data Aset Dan Inventaris Di Universitas Bina Darma Berbasis Web. Physics Education Journal. 4(2): 91-102).

Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Laksita Indonesia.

Calimag, V., Miguel, A. G., Nealbert, J., Conde, R. S., & Aquino, L. B. (2014). Ubiquitous Learning Environment Using Android Mobile Application. International Journal of Research in Engineering & Technology. 2(2):119-128.

CNN Indonesia. Pengguna Internet Kala WFH Corona Meningkat 40 Persen di RI. (https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200408124947-213-3541-491594/ pengguna-internet-kala-wfh-corona-meningkat-40-persen-di-ri). Diakses pada tanggal 9 Februari 2021.

Gagese, N., Wahyono, U., & Kendek, Y. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT). 6(1): 121-131. Diperoleh melalui situs internet https://doi.org/10.22487/j25805924.2018.

Hafid, H. A. (2011). Sumber dan Media Pembelajaran. Jurnal Sulesana. 4(2): 25-35.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid- 1 9) - Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://Pusdiklat.Kemdikbud.Go.Id/.

Ma’rifa, H.Kamaludin, & H. Fihrin. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Gerak Lurus pada Siswa SMA Negeri di Kota Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT). 11(1): 1-15

Mulyono, & Ampo, I. (2021). Pemanfaatan Media Dan Sumber Belajar Abad 21. Paedagogia: Jurnal Pendidikan. 4(2): 25-34. Diperoleh melalui situs internet https://doi.org/10.24239/pdg.vol9.iss2.72

Oye, N. D., Salleh, M., & A., N. (2012). E-Learning Methodologies and Tools. International Journal of Advanced Computer Science and Applications. 3(2): 48-52.

Pribadi, B. A. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. In Prenada Media Group.

Purnama, R., Sesunan, F., & Ertikanto, C. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika SMA Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung. 1(2): 91-102.

Rahayu, M. S. I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Platform Android Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Fisika Perserta Didik Kelas X. Skripsi. https://eprints.uny.ac.id/48681/. Diakses pada tanggal 15 Februari 2020.

Ramadan, F. A., & Arfinanti, N. (2019). Pengembangan Mobile Learning Rensi (Relasi dan Fungsi) Berbasis Android pada Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika. 16(7): 1-6. Diperoleh melalui situs internet https://doi.org/10.14421/jppm.2019.011-05

Sefriani, R., & Sepriana, R. (2020). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Schoology pada Pembelajaran Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 14(4): 28-33.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhirman, S. (2018). Pengelolaan Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education. 9(2): 84-90.

Syaputrizal, N., & Jannah, R. (2019). Media Pembelajaran Fisika Berbasis Mobile Learning pada Platform Android Menggunakan Aplikasi App Inventor untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Natural Science Journal. 176: 129-138.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta: PT. Imperial Bhakti Utama. Bagian 4, Hlm 503.

Yuniati, L. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Efek Doppler sebagai Alat Bantu Dalam Pembelajaran Fisika yang Menyenangkan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 8(1): 53-60. https://doi.org/10.26877/jp2f.v2i2/september.130




DOI: https://doi.org/10.33394/j-lkf.v9i2.4387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.