Validity and Reliability of Learning Tools Based on Discovery Learning Model to Improve Creative Thinking Ability and Concept Understanding
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akmal, N. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa SMP/MTs. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 17-28.
Anggraini, D.D., Dafik, D., & Slamin, S. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Dalam Materi Local Super Antimagic Total Face Coloring. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(1), 68-75.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ariyanto, L., Aditya, D., & Dwijayanti, I. (2019). Pengembangan Android Apps Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 40-51.
Benedikta, A. (2013). Pengembangan LKPD Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Berdasarkan Standar Isi untuk SMA Kelas X. Jurnal PTK, 18(1), 9-14.
Damanik, W.J., & Syahputra, E. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Menggunakan Model Discovery Learning. Jurnal Inspiratif, 4(1), 27-38.
Helmi, F., Rokhmat, J., & 'Ardhuha, J. (2017). Pengaruh Pendekatan Berpikir Kausalitik Ber-Scaffolding Tipe 2b Termodifikasi Berbantuan LKS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fluida Dinamis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 68-75.
Latifa, B.R.A., Verawati, N.N.S.P., & Harjono, A. (2017). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X MAN 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 61-67.
Makhrus, M., & Hadiprayitno, G. (2012). Penerapan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Connected. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 19(2), 237-242.
Munandar, A., Ngazizah, N., & Fatmaryanti, S.D. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Memprediksi, Mengukur, dan Mengkomunikasikan pada Peserta Didik Kelas X SMAN 11 Purworejo. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 91-94.
Purohita, A.M., Suardana, N., & Selamet, K. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Discovery Learning Pada Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(1), 12-20.
Rahmadani, E., Fauzi, M.A., & Karnasih, I. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Disposisi Siswa Berbantuan Geoboard. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 106-117.
Ratumanan, G.T., & Laurens, T. (2011). Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.
Sahidu, H. (2017). Pengembangan Program Pembelajaran Fisika (P3F). Mataram: FKIP Press.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparman, S., & Husen, D.N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Bioedukasi, 3(2), 367-372.
Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Teacher of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.
Widoyoko, E.P. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-lkf.v9i1.3507
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.