The Effect of Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Model on Students' Concepts Mastery
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Doyan, A., & Sukmantara, I. K. Y. (2014). Pengembangan web intranet fisika untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMK. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(2), 117-127.
Furoidah, A. Z., Indrawati, I., & Subki, S. (2017). Implementasi model discovery learning disertai lembar kerja siswa dalam pembelajaran fisika siswa di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(3), 285-291.
Hamdani, D., Kurniati, E., & Sakti, I. (2012). Pengaruh model pembelajaran generatif dengan menggunakan alat peraga terhadap pemahaman konsep cahaya kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, 10(1), 79-88.
Ningsih, S. M., Bambang S. & Sopyan, A. (2012). Implementasi model pembelajaran process oriented guided inquiry learning (POGIL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Unnes Physics Education Journal, 1(2), 44-52.
Rahayu, D. P., & Pamelasari, S. D. (2015). Pengaruh model pembelajaran process oriented guided inquiry learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi perubahan benda. USEJ. 4(3), 936-944.
Rustam, Ramdani, A., & Setijani, P. (2017). Pengaruh model pembelajaran process oriented guided inquiry learning (POGIL) terhadap pemahaman konsep IPA, keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 3 Pringgabaya Lombok Timur. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 3(2), 33-41.
Sari, E. R., Pasaribu, M., & Sahena, S. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar fisika pada pokok bahasan kalor di SMP Negeri 2 Pamona Timur. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 119-126.
Setyosari, P. (2013). Metode penelitian pendidikan dan pengembangan (edisi keempat). Malang: Pranada Media Group.
Silaban, B. (2014). Hubungan antara penguasaan konsep fisika dan kreativitas dengan kemampuan memecahkan masalah pada materi pokok listrik statis. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 20(1), 65-75.
Suranti, N. M. Y., Gunawan., & Sahidu, H. (2016). Pengaruh model project based learning berbantuan media virtual terhadap penguasaan konsep peserta didik pada materi alat-alat optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 73-79.
Umam, A. N., Maharta, N., & Rosidin, U. (2012). Analisis penguasaan konsep fisika siswa dengan kemampuan berpikir konkrit dan berpikir formal. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 1-12.
Widyaningrum, P. S., Pujiastuti, E., & Wijayanti, K. (2016). Keefektifan pembelajaran model pogil berbantuan kartu masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah dan karakter bangsa siswa kelas VIII. UNNES Journal of Mathematics Education, 5(3), 207-216.
Widyaningsih, S. Y., Haryono, & Saputra, S. (2012). Model MFI dan POGIL ditinjau dari aktivitas belajar dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar. JURNAL INKUIRI, 1(3), 266-275.
Zawadzki, R. 2010. Is process oriented guided inquiry learning (POGIL) suitable as a teaching method in thailand’s higher education. Asian Journal on Education and Learning, 1(2), 66-74.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-lkf.v8i1.2776
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.