Effectiveness of Problem Based Learning Model with Worksheet Assisted on Students' Critical Thinking Ability
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.
Alwasilah, C. (2008). Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasikkan dan Bermakna.Bandung: MLC.
Azmi, M. K., Rahayu, S., & Hikmawati, H. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Kelas X MIPA SMA N 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 86-94.
Fatimah, N., Gunawan, G., & Wahyudi, W. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa Kelas XI SMKN 1 Lingsar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4), 183-190.
Fisher, A. (2007). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Hariyanto, M.S & Warsono, M. S. (2012). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hendra, S. (2013). Cara Belajar Orang Genius Study Hard Belumlah Cukup Tanpa Didukung Study Smart. Jakarta: PT Elex Media Komentindo.
Johnson, E. B. (2010). Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.
Herayanti, L., & Habibi, H. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 61-66.
Rahmawati, D., Sudarmin., & Novi R.D. (2015). Efektivitas Problem Based Learning (PBL) pada Tema Bunyi dan Pendengaran berbantuan Alat Peraga Tiga Dimensi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Unnes Science Education Journal.4(3), 1031-1040.
Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Prajakrafindo Persada.
Santoso, R., Darmadi., & Darsikin. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan Media Komputer terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 5 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako. 4(1), 39-44.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualititatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. (2012). Cooperative Learnig Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Media Group.
Trianto. (2010). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Yuliati, D.I., Yulianti, D., & Khanafiyah, S. (2011). Pembelajaran Fisika Berbasis Hands On Activities Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 7, 23-27.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-lkf.v7i2.2686
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.