The Effect of the Giving Question Getting Answers Model through Experimental Methods on Physics Motivation and Learning Outcomes
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardhuha, J., Wahyudi, & Kosim. (2013). Pengembangan panduan praktikum fundamental of physics II sebagai bahan ajar untuk mendukung pelaksanaan praktikum pada program khusus PGMIPABI di FKIP Unram. Jurnal Kependidikan, 12(1), 37-41.
Arikunto, S. (2012). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Astuti, R., Widha, S., & Suciati, S. (2012). Pembelajaran IPA dengan pendekatan keterampilan proses sains menggunakan metode eksperimen bebas termodifikasi dan eksperimen terbimbing ditinjau dari sikap ilmiah dan motivasi belajar siswa. Jurnal Inkuiri, 1(1), 51-59.
Chasanah, A., Slamet, S., & Arianto, J. (2012). Pengaruh model pembelajaran aktif tipe giving question and getting answers terhadap hasil belajar. Jurnal Pendidikan Biologi 4(3), 29-38.
Chebii, R., Wachanga, S., & Kiboss, J. (2012). Effects of science process skills mastery learning approach on students’ acquisition of selected chemistry practical skills in school. Creative Education. 3(1), 1291-1296.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Erdina, E. (2017). Penerapan pembelajaran GQGA untuk meningkatkan hasil belajar fisika. Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora. 3(4), 663-680.
Hamdu, H & Agustina, A. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90-96.
Handika, J. (2010). Pembelajaran fisika melalui inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen dan demonstrasi ditinjau dari aktivitas dan perhatian mahasiswa. JP2F. 1(1), 9-23.
Hikmawati. (2015). Pembelajaran fisika dengan model siklus belajar 5 –E (Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate) Sebagai upaya meningkatkan kecakapan hidup siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 27.
Irianto, A. (2014). Statistik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Liliawati, W. (2011). Pembekalan keterampilan berpikir kreatif siswa sma melalui pembelajaran fisika berbasis masalah. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(2), 93-98.
Mappase, M. (2009). Pengaruh craa dan motivasi belajar terhadap hasil belajar programmable logic controller (PLC) siswa kelas III jurusan Listrik SMK Negeri 5 makasar. Jurnal MEDTEK, 1(2), 1-6.
Mayangsari, D., Nuriman., & Agustiningsih. (2014). Penerapan metode eksperiment untuk meningkatkan ativitas dan hasil belajar IPA siswa Kelas VI pokok bahasan konduktor dan Isolator SDN Semboro Probolinggo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Edukasi UNEJ, 1(1), 27-31.
Pasa, A I L. (2016). Penerapan metode eksperimen terhadap motivasi dan hasil belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(2), 173-186.
Pelawi, H S & Karya, S. (2016). Pengaruh model problem ased learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di kelas SMA Swasta Sinar Husni. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 32-41.
Salam, H., Setiawan, A., & Hamidah, I. (2010). Pembelajaran berbasis virtual laboratory untuk meningkatkan penguasaan konsep pada materi listrik dinamis. Bandung: UPI.
Sardiman, S. (2007). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Semarang: Unnes Press.
Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanti, D F., Yenny, A., & Suratmi, S. (2017). Penerapan model pembelajaran giving question getting answers terhadap motivas belajar peserta didik pada materi sistem koordinasi di SMA Negeri 10 Palembang. Seminar Nasional Pendidikan IPA, 1(1), 469-479.
Utami, U. (2014). Efektivitas pemanfaatan media pembelajaran animasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa Madrasah Aliyah Negeri Wonosobo. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVIII HFI Jateng & DIY, 1(1), 334-337.
Wardani, A D., & Supahar, S. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajara Giving Questin Getting Answers Menggunakan Media Audivisual terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMAN 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(6), 524-530.
Widiyanto, J. (2011). Penggunaan media berbasis komputer untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 3(1), 42-46.
Widodo, S., Susanto, H., & Yulianto, A. (2013). Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbasis eksperimen inkuiri terhadap motivasi belajar siswa. Unnes Physics Education Journal, 2(2), 13-18.
Yatim, R. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Yunus, M., & Kurniati, I. (2013). Pengaruh model pembelajaran aktif tipe giving question and getting answers terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Bajeng. Jurnal Chemica, 14(1), 20-26.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-lkf.v7i2.2199
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.