PENERAPAN PENDEKATAN SAINS-TEKNOLOGI-MASYARAKAT DAN LINGKUNGAN (STML) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN RANGKAIAN LISTRIK DAN HUKUM OHM

Roniati Sukaisih

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa, (2) meningkatkan hasil belajar siswa, dengan menerapkan pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat dan Lingkungan (STML) dalam pembelajaran Rangkaian Listrik dan Hukum Ohm. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-C MAN Sengkol tahun pelajaran 2011/2012, dengan jumlah siswa 22 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus dengan teknik pengumpulan data; (1) data aktivitas belajar dikumpul dengan pedoman observasi, (2) data hasil belajar dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Selanjutnya data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari kualifikasi kurang aktif dengan rata-rata 6,91 pada siklus I menjadi kualifikasi aktif dengan rata-rata 11,72 pada siklus II, (2) hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari kualifikasi belum tuntas dengan rata-rata 65,4 pada siklus I dan ketuntasan klasikal 57,78% meningkat menjadi rata-rata 74,16 dan ketuntasan klasikal 86,67% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan STML dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran rangkaian listrik dan hukum Ohm.

Keywords


Sains-Teknologi-Masyarakat dan Lingkungan (STML), Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Usaha Nasional.

Lehman, D. R. & Nisbett, R. E. 1990. A Longitudinal Study of the Effects of Undergraduate Training on Reasoning. Developmental Psychology, 26952-960.

LPPL IKIP N Singaraja. 2003. Petunjuk Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL). IKIP N Singaraja.

Nurkancana dan Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Rideng, I M. 2000. Pengaruh Model Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat terhadap Hasil Belajar Siswa SLTP. Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Dana Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah. STKIP N Singaraja.

Sukaisih, R. 2004. Penerapan Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat dan Lingkungan (STML) dengan Strategi Siklus Belajar Empiris-Induktif sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Literasi Sains-Teknologi Siswa Kelas IIIB2 Semester 1 SMPN 6 Singaraja Tahun Pelajaran 2004/2005. Skripsi. IKIP Negeri Singaraja-Bali.

Wiarta, I M. D. 2000. Upaya Menuntaskan Hasil belajar dan Meningkatkan Efektivitas Siswa melalui Siklus Belajar Empiris-Induktif dalam Pembelajaran Suhu dan Pemuaian pada Siswa Kelas 1 SLTP Paramadipta Gulingan. Skripsi. STKIP N Singaraja.

Woolfolk, A. 2009. Educational Psychology, Active Learning Edition. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.33394/j-lkf.v1i2.1904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.