Pengaruh Model Problem-Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa

Merla Wahida Putri, Saiful Prayogi, Syifa’ul Gummah, Irham Azmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini diantaranya tes kemampuan pemecahan masalah, lembar obervasi keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa. Analisis hasil tes kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen mendapatakan skor rata-rata 69.07, sedangkan kelas kontrol mendapatkan skor rata-rata 61.50. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik. Hasil uji hipotesis menggunakan paired sampel t-test diperoleh nilai sig. 2-tailed < 0.05 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa.

The Effect of Problem-Based Learning (PBL) Model on Students' Physics Problem-Solving Abilities

Abstract

This study aims to determine the effect of the Problem Based Learning (PBL) model on students' physics problem solving abilities. This research is a quasi-experimental study with a non-equivalent control group design. The population in this study were all students of class X consisting of an experimental class and a control class. The instruments in this study included tests of problem-solving abilities, observation sheets on the implementation of learning and student activities. Analysis of the results of the problem-solving ability test in the experimental class got an average score of 69.07, while the control class got an average score of 61.50. The data analysis technique used in this research is descriptive analysis and statistical analysis. The results of hypothesis testing using paired sample t-test obtained sig. 2-tailed < 0.05 thus Ha is accepted and Ho is rejected. This shows that there is an influence of the Problem Based Learning (PBL) model on students' physics problem solving abilities.


Keywords


Problem based learning; Kemampuan pemecahan masalah; Penelitian quasi eksperimen; Pembelajaran fisika

References


Almira, D., & Juliani, R. (2019). Analisis Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. 5(3), 7.

Aulia, I. M., Hikmawati, & Susilawati. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik Pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 8(SpecialIssue), 52–57. https://doi.org/10.29303/jpft.v8iSpecialIssue.3558

Fadilla, N., Nurlaela, L., Rijanto, T., Ariyanto, S. R., Rahmah, L., & Huda, S. (2021). Effect of problem-based learning on critical thinking skills. Journal o f Physics: Conference Series, 1810(1), 012060. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1810/1/012060

Hasanah, N., Lubis, R. R., & Sari, B. P. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. 9.

Hidaayatullaah, H. N., Dwikoranto, Suprapto, N., Mubarok, H., & Wulandari, D. (2020). Implementation of Problem Based Learning to Train Physics Students’ Problem Solving Skills. Journal of Physics: Conference Series, 1491(1), 012053. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1491/1/012053

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores*.4.

Lestari, D. I., & Projosantoso, A. K. (2016). Pengembangan media komik IPA model PBL untuk meningkatkan kemampuan berfikir analitis dan sikap ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 145. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.7280

Mahmudah, W., & Tanjung, R. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Di Man 3 Medan. 6(3), 5.

Muhali. (2018). Pengembangan Model pembelajaran Reflektif-Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa SMA. Disertasi: Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Muhali, M. (2021). Pengaruh Implementasi Model Creative Problem Solving terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah, Keterampilan Proses Sains, dan Kesadaran Metakognisi Peserta Didik. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 9(1), 45. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v9i1.4261

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. 9.

Nur, A. R., Prayogi, S., Asy’ari, M., & Muhali, M. (2020). Validitas perangkat pembelajaran berbasis pbl dengan pendekatan konflik kognitif untuk membelajarkan kemampuan metakognisi. Empiricism Journal, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.36312/ej.v1i1.260

Rahmalia, D. A. D., & Zahrotin, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Materi Gerak Parabola SMA. 1.

Ratumanan, G. T. (2006). Evaluasi Hasil yang Relevan dengan Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Cv Alfabeta.

Suliyati, S., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Penerapan Model Pbl Menggunakan Alat Peraga Sederhana Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Curricula, 3(1). https://doi.org/10.22216/jcc.2018.v3i1.2100

Surur, M., & Tartilla, T. (2019). Pengaruh Problem Based Learning Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 1(2). https://doi.org/10.31960/ijolec.v1i2.96

Wiguna, I., Arjudin, A., Hikmah, N., & Baidowi, B. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 550–558. https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.105

Wijayanti, A., & Wulandari, T. (2016). Efektivitas Model Ctl Dan Model Pbl Terhadap Hasil Belajar Ips. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 112–124. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.7908




DOI: https://doi.org/10.33394/j-lkf.v11i1.10071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.