The Analysis of Mathematical Literacy Ability in PISA Oriented Questions with Uncertainty and Data Content Based On Gender
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggoro, B. S. (2016). Analisis Persepsi Siswa SMP terhadap Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender dan Disposisi Berpikir Kreatif Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 153-166.
Awalyah, S., Nuraida, I., & Sunaryo, Y. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Dilihat Dari Perspektif Gender. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 71-80.
Azizah, D., & Fadlikah, V. (2023). Analysis Of Mathematical Problem-Solving Ability In View Of Mathematical Disposition. MATHLINE : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 153-167.
Azzahroh, L. S., & Putri, R. K. (2023). Analisis Kemampuan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SD Ditinjau Dari Perbedaan Gender dan Kemampuan Matematis. Journal Of Matematics Education adn Sciense, 37-45.
Firmanti, P. (2017). Penalaran Siswa Laki-Laki dan Perembuan dalam Proses Pembelajaran Matematika. HUMANISMA: Journal of Gender Studies.
Gurudiknas. (2020, Februari 5). Mari Mengenal PISA : Gurudiknas Kemdikbud. Retrieved from Gurudiknas Kemdikbud Web Site: https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/Mari-Mengenal-PISA
Karmila. (2018). Deskripsi Kemampuan Literasi matematis Siswa Ditinjau Dari Gender. Pedagogy.
Kemdikbud. (2019, Desember 4). Hasil PISA Indonesia : Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas: Kemdikbud. Retrieved from Kemdikbud Web site: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas
Lastuti, d. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Kelas VIII Menurut Gender. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia.
Martinah, A. S., Kharisma, O. H., & Nasution, S. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Master Terhadap Literasi Matematis Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Journal of Mathematics Edution and Science, 75-81.
Murtiyasa, B., Rejeki, S., & Setyaningsih, R. (2018). PISA-Like Problems Using Indonesian Contexts. Journal of Physics : Conference Series, 0-8.
Mutia, & Effendi, K. N. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP pada Soal Serupa PISA Konten Uncertainty and Data. Sesiomadika, 137-148.
OECD. (2019). PISA 2018 Results (volume I) : What Students Know And Can Do. Paris: https://doi.org/10.1787/5f07c754-en.
Puslitjak. (2021, April). Risalah Kebijakan : Pskp. Retrieved from Pskp Kemdikbud Web site: https://pskp.kemdikbud.go.id/assets_front/images/produk/1-gtk/kebijakan/Risalah_Kebijakan_Puslitjak_No__3,_April_2021_Analisis_Hasil_PISA_2018.pdf
Ridzkiyah, N., & Effendi, K. N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Program For International Student Assessment (PISA). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1-13.
Rifai, & Wutsqa, D. U. (2017). Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri Se-Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 152-162.
Safrulloh, A., & Desmayanasari, D. (2023). Analisis Literasi Matematis Siswa SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika.
Setiawan, A. I. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA ditinjau dari Gender. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 43-48.
Setyaningsih, R., & Munawaroh, L. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berorientasi PISA Konten Uncertainty And Data. Aksioma, 1656-1667.
Simalango, M. M., Darmawijoyo, & Aisyah, N. (2018). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal PISA Pada Konten Change and Relationship Level 4, 5, dan 6 di SMP N 1 Indralaya. Jurnal Pendidikan Matematika, 43-58.
Susanti, V. D., & Maharani, S. (2016). IbM Membangun "Desa Cermat" Melalui Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Terapan Abdimas.
Sutrisno, U., & Adirakasiwi, A. G. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Pada Soal Berprientasi PISA Konten Uncertainty And Data Berdasarkan Jenis Kelamin. Sesiomadika.
Tobondo, Y. V. (2015). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII B di SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Utami, N., Sukestiyarno, Y., & Hidayah, I. (2020). Kemampuan Literasi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas IX A. PRISMA 3, 626-633.
Wibowo, A. A., Ri'fat, M., & Yani, A. (2020). Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. JPPK : Jurnal Pendidikan dan Pemmbelajaran Khatulistiwa.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v11i4.8778
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Amelia Putri Nasuha, Ammamiarihta Ammamiarihta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.