Concept Understanding Students on the Two-Variables Linear Equation System Material in Terms of Mathematics Ability
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alzanatul Umam, M., and Zulkarnaen, R. (2022): Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 303–312. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1993
Ananda, M. I., Makmuri, and Lukman El Hakim (2020): Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa dengan Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Geogebra di Kelas XI IPS 1 SMA Diponegoro 1 Jakarta, Jurnal Riset PembelajaranMatematika Sekolah, 4(1), 20–29. https://doi.org/10.21009/jrpms.041.04
Azzahra, S. J. (2019): Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemahaman Konsep Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV dengan Tahapan Newman, JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(2), 87–94.
Bella Putri Khairani, Maimunah, and Roza, Y. (2021): “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA/MA pada Materi Barisan dan Deret”, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1578–1587.
Cahani, K., and Effendi, K. N. S. (2019): Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas IX pada Materi Bangun Datar Segiempat, Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, retrieved from internet: http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika, (2008), 120–128.
Gani, F. A., Ismaimuza, D., and Sudarman, S. (2020): Profil Pemahaman Konsep Siswa Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Pada Materi Fungsi Komposisi, Aksioma, 9(2), 98−111. https://doi.org/10.22487/aksioma.v9i2.520
Hanipa, A., Triyana, V., Sari, A., Siliwangi, I., Jenderal, J. T., and Cimahi, S. (2019): Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Pada Siswa Kelas VIII MTs di Kabupaten Bandung Barat, Journal On Education, 01(02), 15–22.
Khairunnisa, N. C., and Aini, I. N. (2019): Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal Materi SPLDV pada Siswa SMP, Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 1(1), 546–554.
Malikha, Z., and Amir, M. F. (2018): Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas V-B Min Buduran Sidoarjo Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Kemampuan Matematika, Pi: Mathematics Education Journal, 1(2), 75–81. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i2.2329
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. USA:SAGE Publications.
Murtianto, Y. H., Muhtarom, M., and Setiyaningrum, E. D. (2019): Pemahaman Konsep Logaritma Siswa SMA Ditinjau dari Kemampuan Matematika, Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 13(1), 36. https://doi.org/10.26877/mpp.v13i1.5087
Kemendikbud. (2016): Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Tujuan Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud
Pujakusuma, G. K., and Pramuditya, S. A. (2023): Students’ Mathematical Understanding Ability On The Material Of The Linear Absolute Value Of One Variable Assisted By A Digital Module, Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 48–67. https://doi.org/10.31943/mathline.v8i1.273
Rahayu, Y., and Pujiastuti, H. (2018): Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan, Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3(2), 93–102. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2040
Safira Datu, Ellis Salsabila, and Vera Maya Santi (2021): Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi Joyful Learning pada Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik SMP Negeri 97 Jakarta, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(2), 53–60. https://doi.org/10.21009/jrpms.052.06
Sari, E. W., Sridana, N., Hayati, L., and Hikmah, N. (2022): Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022, Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 537–546. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.173
Siki, D., Djong, K. D., and Jagom, Y. O. (2021): Profil Pemahaman Konsep Matematika Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika, Leibniz : Jurnal Matematika, retrieved from internet: http://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/1914, 1(1), 36–43.
Sukma, R. L. (2019): Profil Pemahmaan Aljabar Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas VII Di MTsN 6 Tulungagung, Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan UIN Satu Tulungagung, 68–84.
Wahyuningsih sriwati, W. (2019): Penerapan Metode Latihan Mandiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMP Negeri 1 Kayangan, 5(2), 149–155.
Wikasari, A., Suarsana, I. M., and Hartawan, I. G. N. Y. (2020): Penerapan Model Pembelajaran Experience, Language, Picture, Symbol, Application (ELPSA) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa, JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 308. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.3517
Yani, C. F., Roza, Y., Murni, A., and Zuhri Daim (2019): Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, retrieved from internet: http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa, 8(2), 2086–4280.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v12i1.10532
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Rahmadiani Rahmadiani, Alfisyahra Alfisyahra, Rita Lefrida, Pathuddin Pathuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.