Penggunaan Media Aplikasi Duolingo Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Agrabinta Cianjur

Erna Nursyamsiah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya penguasaan kosakata bahasa Inggris pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Agrabinta Cianjur, yang dikarenakan kurang kreatifnya guru dalam menggunakan media pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut penulis mencoba menggunakan media aplikasi duolingo dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas VII dengan metode drill. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 22 orang. Jenis tindakan yang diterapkan adalah penggunaan media aplikasi duolingo yang mengusung kegiatan belajar samabil bermain. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes hasil belajar, dan unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media aplikasi duolingo dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas VII SMP Negeri 3 Agrabinta Cianjur. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan siswa dalam penguasaan kosakata aspek mengartikan kata pada siklus II ini mencapai 91% dibandingkan dengan saat siklus I, yang hanya mencapai 55%. Peningkatan yang diperoleh sekitar 36%; Pada aspek membaca pada siklus II ini mencapai 100%, dibandingkan dengan saat siklus I, yang hanya mencapai 82%. Peningkatan yang diperoleh sekitar 18%. Dan aspek menulis pada siklus II ini mencapai 95,5%, dibandingkan dengan saat siklus I, yang hanya menyampai 72,7%. Peningkatan yang diperoleh sekitar 23,3%.


Keywords


penguasaan kosakata, media aplikasi duolingo, pembelajaran Bahasa Inggriss

References


Arief S Sadiman, dkk. 2006. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Raja Grafindo. Jakarta.

Brown, D. (2000). Teaching by Principle: An Interactive Approch to Language Pedagogy. New York: Longman.

Harmer, Jeremy. (2002). The Practice English Language Teaching. Oxford: Longman.

http://fadhilaryananta.blog.binusian.org/files/2014/03/duolingo.pptx: 2014. Diakses pada tanggal 01 Oktober 2019.

http://digilib.unila.ac.id/11549/8/BAB%20II.pdf. Tinjauan teoritis Media Pembelajaran, Diakses pada tanggal 01 Oktober 2019.

http://sc.syekhnurjati.ac.id/esscamp/risetmhs/BAB214111720038.pdf. Tinjauan Teoritis Hakikat Pembelajaran Bahasa Inggris. Diakses tanggal 01 Oktober 2019.

https://masdwijanto.files.wordpress.com/2011/03/buku-standar-isi-smp.pdf. Diakses pada tanggal 01 Oktober 2019.

https://eprints.uny.ac.id/15772/1/Peningkatan%20Penguasaan%20Kosakata%20Bahasa%20Inggris.pdf. Skripsi. Inayatul Fajriyah, 2013. Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media Kartu Gambar Pada Siswa Kelas Ii Sd Muhammadiyah Purwodiningratan 2 Yogyakarta. Diakses pada tanggal 01 Oktober 2019.

https://eprints.uny.ac.id/9123/3/bab%202-08203244001.pdf. Tinjauan Teoritis Penguasaan Kosakata. Diakses pada tanggal 01 Oktober 2019.

Jenal Mutaqin, 2016. Hubungan Penggunaan Aplikasi Duolingo Sebagai Media Pembelajaran dengan Kepercayaan Diri Berbicara Bahasa Inggris: Universitas Pendidikan Indonesia / repository.upi.edu / perpustakaan.upi.edu. Diakses pada tanggal 01 Oktober 2019.

JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 Agustus 2018, Hal. 237-244 E-ISSN : 2614-6711 237 http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas Penggunaan Aplikasi Duolingo Dalam Meningkatkan Kamampuan Kosakata Bahasa Inggris Pada Tenaga Pengajar Bimbingan Belajar Omega Sains Institut Myta Widyastuti, Hermariyanti Kusumadewi. Diakses pada tanggal 01 Oktober 2019.

Jurnal Prima Edukasia. 2014. Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Media Anagram Dalam Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Hengki Yudha Barnaba, Asruddin Barori Tou. https://eprints.uny.ac.id. Diakses 01 Oktober 2019.

Keraf, Gorys. 1991. Argumentasi dan Narasi, Jakarta : PT Gramedia

Sanaky, Hujair AH. 2011. Media Pembelajaran. Kaukaba Bentang Aksara Galang Wacana. Yogyakarta.

Skripsi. Ningrum Perwitasari. 2014. Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Materi Family Melalui Lagu Pada Siswa Kelas V Sd N Piyaman II Wonosari. UNY. Yogyakarta. Diakses pada tanggal 01 Oktober 2019.

Suharjo. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharsimi A., Suhardjono & Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumadi, 2006. Metodologi Penelitian, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sulipan. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Diakses dari http://massholeh.webs.com/sulipan.pdf. pada tanggal 01 Oktober 2019.

Sutomo, Dra. 1985. Teknik Penilaian Pendidikan. Surabaya: PT Bina Ilmu.

Suwarsih Madya. 2007. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta.

Syaiful Bahri Djamarah, dkk. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarigan, H. G (2011). Pengajaran kosakata. Bandung: Angkasa

Wina Sanjaya. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:

Kencana Prenada Group.




DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v8i1.3251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Erna Nursyamsiah



Jurnal Paedagogy

ISSN: 2722-4627 (Online)

Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP)

Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.