Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tematik IPA Melalui Penerapan Model PBL pada Siswa Kelas V SDN 1 Tegaljadi Tahun Pelajaran 2022/2023

Ni Wayan Winarti Yastuti, Linda Sekar Utami, Suheriyantini Suheriyantini, Baiq Harlin Hasan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajran PBL. Metode yang digunakan adalah Metode PTK yang terdiri dari 2 siklus pembelajaran. Subjjek penelitian terdiri dari 15 siswa. Hasil belajar tematik IPA peserta didik kelas V SD Negeri 1 Tegaljadi dengan model pembelajaran Problem Beased Learning pada tema 1 muatan IPA mengalami peningkatan yaitu dari pra siklus dengan nilai rata-rata 62,67% dengan ketuntasan belajar klasikal meningkat menjadi 70 pada siklus 1, dan pada siklus II rata-rata nilai peserta didik meningkat menjadi 81.3% dengan kategori tinggi dan berhasil mencapai indikator ketuntasan belajar sebesar 86.67 %. Kesimpulannya dengan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Efforts to Improve Thematic Science Learning Outcomes Through the Implementation of the Problem-Based Learning (PBL) Model in Grade V Students of SDN 1 Tegaljadi Academic Year 2022/2023

Abstract

The aim of this research is to enhance students' learning outcomes in the subject of Science using the Problem-Based Learning (PBL) instructional model. The research employed the Classroom Action Research (PTK) method, conducted in two learning cycles, with a total of 15 student participants. The thematic Science learning outcomes of fifth-grade students at SD Negeri 1 Tegaljadi, utilizing the Problem-Based Learning model in the first thematic topic of Science, demonstrated improvement. The pre-cycle average score was 62.67%, and the classical mastery learning increased to 70 in the first cycle. In the second cycle, the average student scores further improved to 81.3%, falling under the high category, and successfully achieving a mastery learning indicator of 86.67%. In conclusion, the implementation of the PBL model contributed to the enhancement of students' learning outcomes.


Keywords


PBL, Tematik IPA, Hasil Belajar

References


Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2013). NBER Working Papers, 2(1), 89. http://www.nber.org/papers/w16019

Effendi, R., & Reinita, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Script di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 1814–1819. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.640

Fauzi, R., Anugrahana, A., & Yan Ariyanti, P. B. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Pemahaman Sifat-Sifat Cahaya pada Kelas IV SD Negeri Plaosan 1. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2569–2574. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5605

Juwita, P. I. (2022). Perbedaan Hasil Belajar melalui Penerapan Problem Based Learning dan Inquiry Based Learning terhadap Pembelajaran IPA. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(2), 196–204. https://doi.org/10.30605/cjpe.522022.1747

Kusuma, Y. Y. (2021). Peningkatan Hasil Belajar SIswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1460–1467. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.753

Ramadhan, I. (2021). Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358–369. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1352

Ritonga, M., Matondang, Y., Miswan, M., & Parijas, P. (2020). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Min 1 Pasaman Barat. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 76. https://doi.org/10.24269/adi.v4i2.2106

SANTOSA, A. W. (2022). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Kelas V Sd Negeri Sudimoro 2 Tahun Ajaran 2021/2022. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 234–239. https://doi.org/10.51878/teaching.v2i2.1345

Setiyaningrum, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas 5 SD. Jartika: Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 1(2), 99–108.

Sulistiana, I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Blimbing Kabupaten Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 127–133. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.50

Yuniati, V. E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Peserta Didik Kelas VI SDN Ngrawoh Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora. Educatif Journal of Education Research, 3(2), 31–39. https://doi.org/10.36654/educatif.v3i2.45

Yuristia, F., Hidayati, A., & Ratih, M. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2400–2409. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2393




DOI: https://doi.org/10.33394/j-lkf.v11i2.9701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.