Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Berbasis Inkuiri (ABI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends, R. (2012). Learning To Teach. Ninth Edition. New York: Mcgraw-Hill.
Ariyati, E. (2010). Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Matematika dan IPA. Vol. 1 No. 2.
Bailin, S., Case, Rs., Coombs, J. R., Daniels, L. B. (1999). Common Misconceptions of Critical Thinking. Journal of Curriculum Studies. 31(3),269-283.
Eggen, P & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Pearson Education Inc.
Facione, P. (2011). Critical Thinking. What it is and Why Its Counts. Measured Reason and The California Academic Press.
Fisher, A. (2003). Critical Thinking An Introduction. Cambridge: Cambridge University Press.
Heuvelen, A. V. (2001). Millikan Lecture 1999 : The Workplace, Student Minds, And Physics Learning. Am. J. Phys. 69(11).
Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. Kluwer Academic Publisher.
Pintrich, P. R. (1999). Motivational Beliefs as Resources for and Constraints on Conceptual Change. In W. Schnotz, S. Vosniadou, dan M. Carretero (Eds.), New perspectives on conceptual change. Amsterdam: Pergamon.
Prayogi, S. & Muhali. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Aktif Berbasis Inkuiri (ABI) untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram. 3(1), 346-351.
Prayogi, S. (2013). Implementasi Model Inquiry untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Fisika. Laporan Hasil Penelitian. LPPM IKIP Mataram.
Prayogi, S., dan Asy’ari, M. (2013). Implementasi Model PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 1(1), 79-87.
Sanjaya, (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Samdas. G. (2012). Pembelajaran Inovatif. Lembaga Pengkajian Pembaharuan Hukum dan Kebijakan Publik (LP2HKP). Palu.
Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan .Bandung: Rosdakarya.
Sternberg, R. (1986). Critical thinking: its nature, measurement, and improvement. http://eric.ed.gov/PDFS/ED272882.pdf.
Usdalifat, S. (2016). Pengaruh Model Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan keterampilan Proses Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Sains dan Teknologi tadulako, 5(3),-.
Thompson, C. (2011). Critical Thinking Across The Curriculum: Process Over Output. International Journal of Humanities and Social Science, 1(9),-.
Tritanto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Woolfolk, A. (2009). Educational Psychology. Bagian Pertama. New York: Pearson.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-lkf.v6i1.930
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.