PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS WORDPRESS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Sunarti Sunarti, Baiq Rina Amalia Safitri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media berbasis wordpress, melihat tingkat kelayakan dari media pada materi tekanan dan untuk mengetahui media dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan model 4D (Define, Design, Develop and Dissemination). Media berbasis wordpress dikatakan layak apabila skor rata-rata dari para ahli media pembelajaran pada hasil validasi dan hasil responden siswa adalah 2,56. Skor rata-rata yang diperoleh dari hasil validasi adalah 3,1 dengan kategori valid dan skor rata-rata yang diperoleh dari hasil responden adalah 3,5 dikategorikan sangat setuju pada siswa kelas VIII-c yang berjumlah 18 siswa. Untuk nilai hasil belajar siswa dikatakan tuntas apabila mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimal) 75, hasil belajar siswa menggunakan media berbasis wordpress dikatakan tuntas karena nilai rata-rata siswa mencapai 80,8 dan nilai ketuntasan klasikal mencapai 88 %. Dapat disimpulkan bahwa media berbasis wordpress yang telah dikembangkan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi tekanan.


Keywords


Pengembangan, media, Wordpress, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdullah S,R. 2013. Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Praya Tengah Pada Mata Pelajaran Fisika.

Erwin J, Anik G. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan volume.3, No 2.

Kom, S,M. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Web Dengan Menggunakan Wordpres. Jurnal Eduma Vol.5 No. 1.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Dan Pengembangan. Alfabeta, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.33394/j-lkf.v4i1.836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.