Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media PhET terhadap Hasil Belajar Gelombang Berjalan dan Gelombang Stasioner Siswa Kelas XI

Siti Jamila, Ni Nyoman Sri Putu Verawati, Muh. Makhrus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media PhET terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain penelitian nonequivalent control grup design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 6 Mataram yang berjumlah empat kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sumpling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata Kelas XI IPA 1 yaitu 80,75 dan nilai rata-rata kelas XI IPA 3, yaitu, 68,84, secara stastistik data tes hasil belajar tersebut terdistrubusi normal dan homogen. Data hasil belajar di analisis menggunakan t-test Polled Varians, diperoleh  sebesar 6,26 dan  sebesar 2,00 pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 5, sehingga didapatkan   lebih besar daripada , maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media PhET terhadap hasil belajar gelombang berjalan dan gelombang stasioner siswa kelas XI.

The Effect of Problem-Based Learning Model Assisted by PhET Media on the Learning Outcomes of Progressive Waves and Stationary Waves for Grade XI Students

Abstract

This study aims to determine the effect of the Problem Based Learning model assisted by PhET media on the physics learning outcomes of class XI students. This type of research is a quasi-experimental research design with nonequivalent control group design. The population of this study were all students of class XI SMA Negeri 6 Mataram, totaling four classes. The sample of this study was class XI IPA 1 as the experimental class and class XI IPA 3 as the control class which were selected using the Purposive Sumpling technique. The results of this study indicate that the average score for Class XI IPA 1 is 80.75 and the average value for Class XI IPA 3 is 68.84. Statistically, the test data for learning outcomes are normally distributed and homogeneous. Study result data were analyzed using the Polled Variance t-test, obtained  of 6.26 and  of 2.00 at a significant level of 5% and degrees of freedom 5, so that the  is greater than the , then Ho is rejected and Ha is accepted, thus it can be concluded that there is an influence of the PhET media-assisted Problem Based Learning model on the learning outcomes of walking wave and stasionary wave of class XI students.


Keywords


Problem Based Learning; Media PhET; Hasil belajar

References


Alfiah, S., & Dwikoranto. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning berbantuan Laboratorium Virtual PhET untuk Meningkatkan HOTs Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 13(1), 10-18.

Amirah, A., & Ahmaruddin, S. (2020). Konsep dan Aplikasi Epidemiologi. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Apriwahyuni, R., Yunus, S., & Wahyuni, D. (2021). Penerapan Model Pembelajara Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Profesi Kependidikan, 2(1), 89-100.

Argaw, A.S., Beyene, B. B., Beyene T. A., dan Shiferaw G. K. (2017). The Effect of Problem Based Learning (PBL) Instruction on Students’ Motivation and Problem solving skills of Physics. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(3), 857–871.

Budi, G. S. (2022). Penerapan Berbagai Model dan Metode Pembelajaran dalam Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika. Jawa Barat: Guepedia.

Dachi, Y. A., Zega, L. J. P., Tampubulon, R., & Siboro, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media PhET terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Vektor di Kelas X Semester I SMA Gajah Mada Medan Timur Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Penelitian Fisikawan, 6(1), 25-38.

Edison, A. (2021). Model Problem Based Learning Solusi Meningkatkan Prestasi Belajar. Lombok Tengah NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Gunawan., Harjono, A., & Sutrio. (2015). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 9-14.

Hawa, Alda., Bambang, S., & Sri, H. (2021). Efektivitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PBL berbantuan Simulasi PhET pada Materi Termodinamika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 327-334.

Intandari, R., Sri, A., & Maryani. (2018). Pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) Berbantuan Simulasi PhET pada Materi Getaran Harmonis untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(4), 349-355.

Jauhari, T., Hikmawati., & Wahyudi. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media PhET terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Gunungsari Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(1), 7-12.

Naufal, E. (2021). Asiknya Pembelajaran Fisika dalam Jaringan di Tengah Pandemi. Yogyakarta: UAD Press.

Nurcahyati, R., Indrawati., & Wicaksono, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Siswa SMP pada Materi Cahaya. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 72-78.

Paradina, D., Connie., & Medriati, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 169-176.

Putra, A., Bektiarso, S., & Handayani, R. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika di SMA (Kelas X SMA Negeri 3 Jember). Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 129-134.

Rahmi, A., Fitri, Y., Zahara, F., & Desnita. (2021). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 1(2), 11-18.

Riandi, T. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ukur Tanah di SMKN 7 Surabaya. Jurnal Unesa, 1(1), 1-9.

Sakdiah, H. (2022). Modul Praktikum Virtual Fisika Dasar. Jawa Barat: CV Media Sains Indonesia.

Setyabudi, Sri., Sunarno, W., & Sukarmin. (2021). Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning Melalui Media Animasi dan Modul Interaktif Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Universitas Jember, 1(1), 1-13.

Setyawan, M., & Koeswanto, H. 2021. Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 9(3), 489-496.

Sudiarta, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Suhu dan Kalor. Journal of Education Action Reserch, 3(4), 440-447.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Verawati, N., & Sukaisih, R. (2021). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dalam Pembelajaran Inkuiri dengan Simulasi PhET: Studi Pendahuluan. Empiricism Journal, 2(1), 40-46.

Verawati, N., Handriani, L. S., & Prahani, B. K. (2022). The Experimental Experience of Motion Kinematics in Biology Class Using PhET Virtual Simulation and its Impact on Learning Outcomes. International Journal of Esseential Competencies in Education, 1(1), 11-17.

Zaturrahmi., Festiyed., & Ellizar. (2020). The Utilization of Virtual Laboratory in Learning: A Meta-Analysis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(2), 228-236.

Zulkarnaen., Suhirman., Hidayat, S., Prayogi, S., Sarnita, F., Widia., Fathurrahman., Fauzi, Azra., Ramdhani, L., & Verawati, N. (2022). The Effect of Problem Based Learning Model on Students’ Creative Thinking Ability. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 378-382.




DOI: https://doi.org/10.33394/j-lkf.v11i1.8332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.