Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Konstruktivisme dengan Pendekatan Pemecahan Masalah

Muhammad Asy'ari, Muhali Muhali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran konstruktivisme (MPK) dengan pendekatan pemecahan masalah (PM). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA MAN 3 Lombok Tengah, sebanyak 30 orang. Instrumen penelitian terdiri dari lembar penilaian keterlaksanaan pembelajaran, lembar penilaian aktivitas belajar siswa, dan tes hasil belajar kognitif siswa pada materi getaran dan gelombang. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan teknik tes. Teknik observasi dilakukan untuk mendapatkan data keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan MPK-PM, sedangkan teknik tes digunakan untuk mendapatkan data hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I, keterlaksanaan pembelajaran rata-rata 2,925 dengan kategori baik, aktivitas belajar siswa rata-rata 2,420 kategori cukup aktif, dan hasil belajar siswa rata-rata 72,650 dengan kategori baik, sedangkan pada siklus II, keterlaksanaan pembelajaran rata-rata 3,291 dengan kategori baik, aktivitas belajar siswa rata-rata 2,985 kategori aktif, dan hasil belajar siswa rata-rata 78,680 kategori sangat baik. Terjadi peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II (86.67 %). Dengan demikian, penerapan MPK-PM dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN 3 Lombok Tengah pada pembelajaran fisika materi getaran dan gelombang.

Improving Physics Learning Outcomes through the Constructivism Model with a Problem Solving Approach

Abstract

This study aims to improve student learning outcomes through the application of the constructivism learning model (MPK) with a problem solving approach (PM). This type of research is classroom action research (PTK) which is conducted in 2 (two) cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation, and reflection stages. This research was conducted on students of class XI IPA MAN 3 Central Lombok, as many as 30 people. The research instrument consisted of learning implementation assessment sheets, student learning activity assessment sheets, and tests of students' cognitive learning outcomes on vibration and wave material. Data was collected by observation techniques and test techniques. Observation techniques are used to obtain data on the implementation of learning and student learning activities taught by MPK-PM, while test techniques are used to obtain data on students' cognitive learning outcomes. The results showed that in the first cycle, the average learning achievement was 2.925 in the good category, the average student learning activity was 2.420 in the fairly active category, and the average student learning outcomes were 72.650 in the good category, while in the second cycle, the average learning implementation 3,291 in the good category, the average student learning activity is 2,985 in the active category, and the average student learning outcomes are 78,680 in the very good category. There was an increase in student learning outcomes and activities from cycle I to cycle II. Thus, the application of MPK-PM can improve student learning outcomes of class XI IPA MAN 3 Central Lombok in learning physics subject to vibration and waves.


Keywords


Constructivism Learning Model, Problem Solving Approach, Learning Outcomes

References


Aliyah, Z. (2022). Pembelajaran Aktif Berbasis Masalah Melalui Kuis Suhu Dan Kalor Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa Kelas XI SMA.

Arends, R. (2012). Learning to teach (9th ed). McGraw-Hill.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi 2). Bumi Aksara. https://ecampus-fip.umj.ac.id/pustaka_umj/main/item/14939

Asiyah, S. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Tata Nama Senyawa Sederhana dengan Model Think-Pair-Share pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lingsar. Reflection Journal, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.36312/rj.v2i1.846

Asmurni, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Kontruktivisme Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VI SD Negeri 003 Benai Kecil. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(5), Article 5. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i5.7868

Asy’ari, M., & Rosa, C. T. W. da. (2022). Prospective Teachers’ Metacognitive Awareness in Remote Learning: Analytical Study Viewed from Cognitive Style and Gender. International Journal of Essential Competencies in Education, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.36312/ijece.v1i1.731

Biazus, M. de O., & Mahtari, S. (2022). The Impact of Project-Based Learning (PjBL) Model on Secondary Students’ Creative Thinking Skills. International Journal of Essential Competencies in Education, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.36312/ijece.v1i1.752

Devi, N. S., Efendi, I., & Samsuri, T. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Berbantuan Media Video Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif. Reflection Journal, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.36312/rj.v1i1.530

Fitriani, H., Samsuri, T., Rachmadiarti, F., Raharjo, R., & Mantlana, C. D. (2022). Development of Evaluative-Process Learning Tools Integrated with Conceptual-Problem-Based Learning Models: Study of Its Validity and Effectiveness to Train Critical Thinking. International Journal of Essential Competencies in Education, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.36312/ijece.v1i1.736

Fitriyani, A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Konstruktivisme Menggunakan Komputer Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Cahaya. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25327

Iskandar, J., Gummah, S., Prayogi, S., & Asy’ari, M. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMP. Empiricism Journal, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.36312/ej.v2i1.515

Mardiyanti, M., Royani, I., & Samsuri, T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Gagnon And Collay Berbantuan Games Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa. Reflection Journal, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.36312/rj.v2i1.857

Muhali, M. (2013). Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Pembelajaran Kimia SMA. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 1(1), 1–7.

Muhali, M., Asy’ari, M., & Sukaisih, R. (2021). Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Metakognitif Siswa. Empiricism Journal, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.36312/ej.v2i2.594

Muhali, M., Yuanita, L., & Muslimin, L. (2019). The Validity and Effectiveness of the Reflective-Metacognitive Learning Model to Improve Students’ Metacognition Ability in Indonesia. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 16(Number 2), Article Number 2. https://doi.org/10.32890/mjli2019.16.2.2

Musahidin, M., Muhali, M., Asy’ari, M., & Sukaisih, R. (2022). Meningkatkan pemahaman konsep dan kesadaran metakognisi peserta didik pada materi struktur atom melalui pemodelan. Journal of Authentic Research, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.36312/jar.v1i1.637

Novia, T. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Berbantuan Concept Map Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Siswa Sma. https://www.academia.edu/en/73488468/Penerapan_Model_Pembelajaran_Konstruktivisme_Berbantuan_Concept_Map_Untuk_Meningkatkan_Hasil_Belajar_Kimia_Pada_Siswa_Sma

Ratumanan, T. G., & Laurens, T. (2011). Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan. Unesa University Press.

Sahrul, S., Mirawati, B., Majid, A., & Fajri, S. (2022). Korelasi Keterlaksanaan Pembelajaran Biologi Dengan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Reflection Journal, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.36312/rj.v2i1.588

Santana, R., & Samsuri, T. (2022). Pengembangan lks biologi berbasis poe (predict observe explain) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Journal of Authentic Research, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.36312/jar.v1i1.650

Sukaisih, R., & Muhali, M. (2014). Meningkatkan Kesadaran Metakognitif Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Problem Solving. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 2(1), 71. https://doi.org/10.33394/j-ps.v2i1.803

Suryati, S., Surningsih, S., & Mashami, R. A. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Reaksi Redoks Dan Elektrokimia Berbasis Nature Of Science Untuk Penumbuhan Literasi Sains Siswa. Reflection Journal, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.36312/rj.v2i1.847

Verawati, N. N. S. P., Handriani, L. S., & Prahani, B. K. (2022). The Experimental Experience of Motion Kinematics in Biology Class Using PhET Virtual Simulation and Its Impact on Learning Outcomes. International Journal of Essential Competencies in Education, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.36312/ijece.v1i1.729

Verawati, N. N. S. P., Hikmawati, H., Wahyudi, W., & Prayogi, S. (2022). Pengalaman Mengajar Fisika Modern Menggunakan Simulasi Virtual PhET: Analisis Kinerja Keterampilan Penalaran Mahasiswa. Empiricism Journal, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.36312/ej.v3i2.997

Verawati, N. N. S. P., & Sukaisih, R. (2021). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dalam Pembelajaran Inkuiri dengan Simulasi PheT: Studi Pendahuluan. Empiricism Journal, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.36312/ej.v2i1.591

Woolfolk Hoy, A., Davis, H. A., & Anderman, E. M. (2013). Theories of Learning and Teaching in TIP. Theory Into Practice, 52(sup1), Article sup1. https://doi.org/10.1080/00405841.2013.795437




DOI: https://doi.org/10.33394/j-lkf.v10i2.6870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.