PENGEMBANGAN VIDEO TIME LAPSE CARICATURE (VTLK) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MELATIH SCIENTIFICCURIOSITY SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Video Time Lapse Caricature (VTLK) sebagai media pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan model pengembangan plomp, yaitu Prelimenary Investigation, Design, Realization/Contruction, Test, Evaluationand Revision. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data meliputi: uji validasi media Video Time Lapse Caricature (VTLK) yang dikembangkan. Sampel dalam penelitian ini adalah uji kelompok terbatas siswa kelasVIII MTs. Ad-Dinul Qayyim Gunung Sari. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil uji validasi media Video Time Lapse Caricature (VTLK) yang dikembangkan dikategorikan cukup valid dengan nilai rata-rata sebesar 3,75 dan rata-rata scientific curiosity siswa sebesar 32,75 dikategorikan tinggi sehingga dapat disimpukan bahwa pengembangan video time lapse caricature (VTLK) sebagai media pembelajaran IPA dapat melatih scientificcuriosity siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Febrian, dkk. 2012. Pengembangan Media Audio-Visual Berbasis Konstektual Dalam Pembelajaran Fisika di SMA. ISSN : 2301-9794
Heru, D.W. 2000. Karikatur Sebagai Karya Komunikasi Visual Dalam Penyiampaian Kritik Sosial. Nirmana Vol.2, No.2
Nur Kurniasari, 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Reveal.JS Presentation pada Mata Pelajran Elektronika Dasar di SMK Negri 7 Surabaya.
Rochmad. 2012. Desain Model Pengembangan Prangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal kreano, ISSN : 2086-2334
Sugiyono, 2014.Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widiastuti. 2014. Melalui Media Karikatur dalam Pembelajaran dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kompetensi Dasar Budaya Politik. Jurnal PPKM (2015), ISSN : 2354-869X
DOI: https://doi.org/10.33394/j-lkf.v3i2.494
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.