Pengaruh Modul PBL Berorientasi Green Chemistry pada Materi Hidrolisis Garam terhadap Literasi Sains Siswa

Suryati Suryati, Hendrawani Hendrawani, Nur Walidatun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul PBL berorientasi green chemistry pada materi hidrolisis garam terhadap literasi sains siswa MAN 1 Mataram. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu dengan desain ­pretest-postest control group design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Mataram dengan sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XI MIA 3 (kelas eksperimen) dan siswa kelas XI 2 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data literasi sains menggunakan tes pilihan ganda beralasan dan angket sikap siswa terhadap sains. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan data posttest terdistribusi normal dan homogen sehingga uji statistik yang digunakan adalah statistik parametrik t-test pooled varian dengan kriteria uji t dua pihak, dan diperoleh thitungsebesar 2,88 dan ttabelsebesar 1,99 pada taraf signifikansi 5%. Oleh karena itu thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh modul PBL berorientasi green chemistry terhadap literasi sains siswa di MAN 1 Mataram.

The Effect of Green Chemistry Oriented Problem Based Learning Module on Salt Hydrolysis Material on Students' Science Literacy

Abstract

This study aimed to determine the effect of green chemistry-oriented PBL module on salt hydrolysis concepts to science literacy of MAN 1 Mataram students. This study used a quasi-experimental with pretest-postest control group design. Sampling was done using cluster random sampling technique. The population in this study was all students of class XI MAN 1 Mataram, with sample research used was the students of XIMIA 3 class (experimental class) and students of class XI 2 (control class). The technique of collecting science literacy data using multiple choice test was grounded. The result of prerequisite analysis test shows that posttest data were normal and homogeneous distributed so that the statistical test used was parametric statistic t-test pooled varian with t test criteria of two parties, and it was obtained t count as 2.88 and t table 1.99 at the 5% significance level. Because of the calculated > t-table then Ho was rejected and Ha accepted. So, it can be concluded that there was the influence of green chemistry oriented PBL module on student science literacy in MAN 1 Mataram.


Keywords


Modul PBL, Green Chemistry, Literasi Sains, Hidrolisis Garam

References


Ahmadi, H. P., Suryati, S., & Khery, Y. (2016). Pengembangan Modul Contextual Teaching And Learning (CTL) Berorientasi Green Chemistry untuk Pertumbuhan Literasi Sains Siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 4(1), 17-25.

Andrew, P. and Andrei, H. 2014. Green Chemistry Metrics A Guide to Determining and Evaluating Process Greeness. Springer Cham Heidelberg: New York, Dordrecht London.

Chandrasegaran, A.L, Treagust, D.F & Mocerino, M. (2007). The development of A Two-Tier Multiple-choice Diagnostic Instrument For Evaluating Secondary School Students’ Ability To Describe And ExplainReactions Using Multiple Levels of representation. Chemistry education Research and Practice, Vol. 8(3), 293-307.

Fauziah, N., Suryati, S., & Mashami, R. A. (2016). Pengembangan Modul Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Green Chemistry untuk Peningkatan Literasi Sains Siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 4(2), 94-102.

Isrotun, U. (2014). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Penerapan Pembelajaran Realistik (PTK Pada Siswa Kelas VIIIH Semester Genap MTs Negeri Surakarta II Tahun Ajaran 2013/2014) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

OECD.2013. Education at a Glance 2013 : OECD Indicators, OECD Publishing. http://dx.doi.org/10.1787/eag-2013-en (diakses 24 November 2017)

PISA. 2015. Draft Science Framework PISA 2015 : www.oecd.org (diakses 24 November 2017).

Rosita, A., & Marwoto, P. (2014). Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning Berorientasi Green Chemistry Materi Hidrolisis Garam untuk Mengembangkan Soft Skill Konservasi Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2).

Rosy, B., & Pahlevi, T. (2015). Penerapan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah. In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 160).

Kimianti, F., Suryati, S., & Dewi, C. A. (2016). Pengembangan Modul Learning Cycle 5e Berorientasi Green Chemistry pada Materi Sistem Koloid Untuk Peningkatkan LiterasI Sains Siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 4(2), 70-79.

Nurbaity, N. (2011). Pendekatan Green Chemistry Suatu Inovasi Dalam Pembelajaran Kimia Berwawasan Lingkungan. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 1(1), 13-21.

Setyosari, H. P. (2016). Metode penelitian pendidikan & pengembangan. Prenada Media.

Suryati, S., Khery, Y., & Dewi, C. A. (2017). Development Strategy of Inquiry Based Mobile Learning on General Chemistry Classroom.

Suryati, S., Khery, Y., Nufida, B. A., & Rahayu, S. (2020). Identifikasi Kompetensi Literasi Sains Calon Guru Kimia. Jurnal Zarah, 8(1), 50-55.

Yuliani, Y., Cahyani, D., & Roviati, E. (2016). Penerapan Pembelajaran IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Mata Pelajaran IPA di Kelas VII Materi Pokok Pencemaran Lingkungan di SMPN 1 Cikijing. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 5(2), 122-135.

Yustiqfar, M. Suryati, & Mashami, R. A. 2017. Pengaruh Penggunaan Modul CTL Berorientasi Green Chemistry pada Materi Asam Basa terhadap Literasi Sains Siswa.

Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal cakrawala pendas, 3(2).




DOI: https://doi.org/10.33394/j-lkf.v9i1.4343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.