PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA
Abstract
Physics is one of the subjects taunght in SMPN 4 Praya Tengah. The Instructional media which used is still relatively conventional with teaching materials such as text books. This study used a learning media of animation software in a virtual learning environment to enhance the problem solving ability of students. This study was a quasi-eksperimental study. The study also included into the study of population, because the entrie student population used in the study. The data analysis technigue which used was the t-test. The results obtained are tcaculate = 2,87 and ttable = 1,72. because tcaculate its count greater than ttable it can be concluded that there are impact of using the virtual media laboratory of physics to student’s problem-solving abilites.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqib, (2013). Model –model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif), Bandung : Yrama Widya.
Arikunto, (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta : Rineka Cipta.
Arikunto, (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Anggraini, Dewi Setya (2015). Peningkatan Pemecahan Masalah Dan Kreativitas
Belajar Matematika Melalui Pendekatan Scientific Dengan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas Vii Semester Genap Smp Negeri 1 Pati Tahun 2014/2015. Artikel Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri, (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Gunawan, (2015). Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram NTB : FKIP Universitas mataram.
Hamdani, (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : pustaka setia.
Iskandar, Jono (2012). Pengaruh Penggunaan Media Laboratorium Virtual Pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Praya Tengah Tahun Pelajaran 20111/2012. Artikel.
Jaya, Hendra, (2003). Pengembangan Laboratorium Virtual Untuk Kegiatan Praktikum Dam Memfasilitasi Pendidikan Karakter Di SMK. Jurnal Universitas Negeri Makasar.
Sugiyono, (2014). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D).Bandung : ALFABETA.
Sugiyono,(2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D).Bandung : ALFABETA.
Trisnawati, (2013). Penerapan Metode Pemecahan Masalah Melalui Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII Mts Batu Rak Tahun Pelajaran 2012/2013. Artikel.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-lkf.v3i2.386
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.