Pengembangan e-Book Interaktif Fisika Berbasis Kearifan Lokal dengan Pendekatan Pembelajaran Inkuiri
Abstract
Pengintegrasian kearifan lokal dalam pembelajaran fisika merupakan upaya strategis untuk meningkatkan pemahaman konsep sekaligus memperkuat keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan merancang dan mengembangkan e-book interaktif fisika berbasis kearifan lokal dengan pendekatan pembelajaran inkuiri. Metode penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Instrumen penelitian mencakup angket validasi ahli, tanggapan guru dan siswa, serta tes objektif untuk menilai pemahaman konsep fisika. Hasil validasi menunjukkan media ajar memiliki tingkat kelayakan yang sangat tinggi dari segi konstruk media (86%) dan kesesuaian isi materi (88%). Respon guru dan siswa juga sangat positif dengan capaian masing-masing 86%. Implementasi media ajar pada pembelajaran fisika materi fluida dinamis menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman konsep siswa, dengan rata-rata nilai pretest sebesar 66 meningkat menjadi 94 pada posttest, serta ketuntasan klasikal mencapai 97,2%. E-book interaktif yang dikembangkan layak digunakan, efektif dalam meningkatkan hasil belajar fisika. Media ini dapat mendukung pembelajaran yang bermakna melalui integrasi konteks budaya lokal dan pendekatan inkuiri.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andini, F. F. (2021). Penyusunan E-Book Interaktif Pada Materi Momentum Dan Impuls Untuk Siswa Sma Kelas X. Wapfi (Wahana Pendidikan Fisika), 6(1), 132–140. https://doi.org/10.17509/wapfi.v6i1.32463
Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya
Asrowi, A., Hadaya, A., & Hanif, M. (2019). The Impact of Using the Interactive E-Book on Students’ Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 12(2), 709–722. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12245a
Bai, S.-Y., & Chiu, C.-H. (2019). Effects of Interactive Animation on Learning Performance in a Static Equilibrium Topic of University Physics for Freshmen With Different Levels of Prior Knowledge. Educational Innovations and Applications. 391–394. https://doi.org/10.35745/ecei2019v2.100
Çırakoğlu, N., Toksoy, S. E., & Reisoğlu, İ. (2022). Designing, Developing, and Evaluating an Interactive E-Book Based on the Predict-Observe-Explain (POE) Method. Journal of Formative Design in Learning, 6(2), 95–112. https://doi.org/10.1007/s41686-022-00071-3
Dwinuryati, Y., & Andayani, A. (2017). Kajian Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Cerita Rakyat “Nyi Andan Sari dan Ki Guru Soka”. Jurnal Artefak, 4(1), 15-22. http://dx.doi.org/10.25157/ja.v4i1.731
Febriarti, F. D., & Rahayu, Y. S. (2022). Pengembangan E-Book Interaktif Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 11(3), 775–784. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n3.p775-784
Hannon, D., Danahy, E., Schneider, L., Coopey, E., & Garber, G. (2012). Encouraging Teachers to Adopt Inquiry-Based Learning by Engaging in Participatory Design. https://doi.org/10.1109/isecon.2012.6204169
Jacalan, L. T. (2023). Effect of Inquiry-Based Learning Approach on the Students’ Performance in Physics. International Journal of Science and Management Studies (IJSMS), 230–233. https://doi.org/10.51386/25815946/ijsms-v6i3p121
Jaya, H. P. (2023). Pengembangan E-Book Interaktif Pembelajaran Kolaboratif Menggunakan Teknologi Cloud Computing Pada Mata Kuliah PPDP PPG Prajabatan. Ideguru Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 134–140. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.774
Jufrida, J., Kurniawan, D. A., Tanti, T., Sukarni, W., Erika, E., Hoyi, R., & Ikhlas, M. (2021). Description of Student Responses to the Implementation of the Inquiry Learning Model in Physics. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 11(1), 16–28. https://doi.org/10.26740/jpfa.v11n1.p16-28
Masruhah, G. D., Rusdianto, R., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 169-177. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v7i1.12935
Munawwarah, M., & Anwar, S. (2022). Kelayakan E-Book Interaktif Sebagai Bahan Ajar E-Learning Pada Materi Elektrokimia Yang Dikembangkan Melalui 4S TMD. Chemica Jurnal Ilmiah Kimia Dan Pendidikan Kimia, 21(2), 228. https://doi.org/10.35580/chemica.v21i2.30442
Prameswari, J., Praherdhiono, H., & Husna, A. (2022). E-Book Berbasis Elaborasi Gambar Sebagai Penguatan Kognitif Siswa. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(4), 423. https://doi.org/10.17977/um038v5i42022p423
Rahmawati, F. M., Sarwanto, S., & Budiawanti, S. (2021). Needs Analysis of Physics E-Module Based on Hybrid-PBL Model on Critical Thinking Skills Improvement. Momentum Physics Education Journal, 175–181. https://doi.org/10.21067/mpej.v5i2.5740
Rusdiana, N. P. M., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). E-Book Interaktif Materi Siklus Air Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas v Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 54–63. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45180
Saphira, H. V. (2022). Integrating Local Wisdom-Based Learning to Preparing the Pancasila Students’ Profile, Yes or No? International Journal of Current Educational Research, 1(1), 18–35. https://doi.org/10.53621/ijocer.v1i1.136
Sugiyo, R., & Purwastuti, L. A. (2017). Local Wisdom-Based Character Education Model in Elementary School in Bantul Yogyakarta Indonesia. Sino-Us English Teaching, 14(5). https://doi.org/10.17265/1539-8072/2017.05.003
Sularso, S., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2017). Understanding Students’ Concepts Through Guided Inquiry Learning and Free Modified Inquiry on Static Fluid Material. International Journal of Science and Applied Science Conference Series, 2(1), 363. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v2i1.16746
Susantini, E., Puspitawati, R. P., Raharjo, & Suaidah, H. L. (2021). E-Book of Metacognitive Learning Strategies: Design and Implementation to Activate Student’s Self-Regulation. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 16(1). https://doi.org/10.1186/s41039-021-00161-z
Susilawati, S., Doyan, A., Mulyadi, L., Abo, C. P., & Pineda, C. I. S. (2022). The Effectiveness of Modern Physics Learning Tools Using the PhET Virtual Media Assisted Inquiry Model in Improving Cognitive Learning Outcomes, Science Process Skills, and Scientific Creativity of Prospective Teacher Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 291–295. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i1.1304
Worachak, S. P. (2023). Analysis of Critical Thinking Skills in Problem-Based Learning and Inquiry Learning Models. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(3), 282–293. https://doi.org/10.59052/edufisika.v8i3.29442
Yulianto, F., & Indriayu, M. (2023). Audiovisual Learning Media Based on Local Wisdom Values of the Baduy Tribe Community to Grow Student Character. International Journal of Elementary Education, 7(1), 43-53. https://doi.org/10.23887/ijee.v7i1.54930
DOI: https://doi.org/10.33394/j-lkf.v12i2.13789
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.