Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Siklus Belajar 5E untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bailin, Sharon. 2002. “Critical Thinking and Science Education”. Science Education. Netherlands: 361-375
Costa, 1988. Developing Mind: A Resource Book for Teaching Thinking”. Alexandria: ASCD.
Dwijananti, P. dan Yulianti, D. 2010. “Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Problem Based Instruction pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan”. Jurnal Pendidikan Fisika. ISSN: 1693-1246.
Eka, A. Dantes. Partadjaya, R. 2013. “Pengaruh Model Siklus Belajar 5E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA”. Jurnal Pendidikan UNDIKSHA. ISBN: 703-1.
Ennis, R. H. 1991. “Critical Thinking : A Streamllined Conception”. Teaching Philosophy. University of Illionois: 14.
Fachrurazi. 2011. “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan BerpikirKritis Dan Komunikasi Matematika”. Vol. 1.ISSN :1412-X.
Firdaus, Laras. 2014. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Berorientasi pada Siklus Belajar 5E untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir dan Pemahaman Konsep”.Tesis Unesa. Surabaya.
Fisher. A. 2008. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Fraenkel & Wallen, 2009.How To Design And Evaluate Research In Education. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
Gronlund, 1985.Constructing Achievement Test 3rd Edition. London. Prentice-Hall.
Ibrahim, M. 2008. Model Pembelajaran Inovatif IPA Melalui Pemaknaan. Unesa. Surabaya: Tim Balitbang Diknas.
Iwan wicaksono. 2014. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Meteri Fluida Statis”. Makalah komprehensif . Unesa. Surabaya.
Lawson, A. E., Abraham, M. R., dan Renner, J. W. 1989. A Theory Of Instruction: Using The Learning Cycle To Teach Science Concept And Thingking Skill. Cincinnnati : university of Cincinnati.
Lord & Hutchison, 1993.”The Process of Empowerment: Implications for Theory and Practice”. Canadian Journal of Community Mental Health 12:1, Spring 1993, Pages 5-22.
Permendiknas no. 73 tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) pada bidang Pendidikan Tinggi.
Prayogi, S. Verawati, S. 2010. Eksperimen Fisika Dasar Berbasis keterampilan Proses Sains. Yogyakarta: Samudera Biru.
Prayogi, S. Hidayat, S. Armansyah. 2013. “Implementasi Model SiklusBelajar 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar”. Jurnal Lensa Pendidikan Fisika PKPSM IKIP Mataram. Vol. 1.No. 1. ISSN: 2338-4530: 30-35.
Purniati, T. 2009. “Penerapan Model Siklus Beajar (Learning Cycle) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa”. Jurnal penelitian.Vol. 9 no. 1. April, 2009.
Ratumanan dan Lauren, 2011. Evaluasi Hasil Belajar pada Tingkat satuan Pendidikan Edisi 2. Surabaya: Unesa University Press.
Riduwan. (2010). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sarwi dan Liliasari. 2009. “Penerapan Strategi Kooperatif Dan Pemecahan Masalah Pada Konsep Gelombang Untuk Mengembangkan Keterampilan Berfikir Kritis”. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. ISSN: 1693-1246. Hal. 90-95
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.967
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Armansyah Armansyah, Muslimin Ibrahim, Wasis Wasis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.