The Influence of Think Talk Write (TTW) Learning Model on Critical Thinking Ability of Class VII Students of MTs Al-Ikhlas Mowewe
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditomo, Anindito, & Felicia, N. 2019. Ketimpangan Mutu Dan Akses Pendidikan di Indonesia: Potret Berdasarkan Survei PISA 2015. Kilas Pendidikan.17,1-8. (https://osf.io/preprints/inarxiv/k76g3/, diakses 17 september 2020)
Ayuni, K. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII F. Jurnal Pendidikan Matematik. 16(3): 1-6.
Hadi, S. 2012. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Model Think Talk Write (TTW) Di Kelas VII Smp Negeri 1 Manyar Gresik. Edumat, (Online), Edisi 2, (https://www.researchgate.net/, diakses 18 Januari 2020).
Hewi, L., & Shaleh, M. 2020. Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age. 4(1) : 30-41. (http://www.e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2018, diakses 17 september 2020)
Jannah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. 2019. Pentingnya Literasi Matematika dan Berfikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad Ke-21. Prisma. 905-910. (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29305, diakses 29 Maret 2020)
Khairah dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII D SMPN 1 Mangaran Situbondo. Jurnal Edukasi. 4(3): 6-9. (https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/6046, diakses 15 September 2020)
Kholid, I. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Matematika. [Tesis]. Malang : Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (http://etheses.uin-malang.ac.id/12355/ , diakses 20 September 2020)
Kuslinar, Awaludin, & Arapu, L. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sampara. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. 7(1):1-14. (http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/JOK61, diakses 12 September 2020)
Manullang, M. 2014. Manajemen Pembelajaran Matematika. Pendidikan dan Pembelajaran. 21(2). 208-214. (http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/7532 , diakses 20 Maret 2020)
Nandau, L.N., Syaban, M., & Ratnaningrum, E. 2019. Penerapam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. 4(1): 29-36.( http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/294, diakses 15 September 2020).
Nasruddin, N., Mashuri, S., & Nafiah, U. (2020). Peningkatan hasil belajar matematika pada materi segitiga melalui pendekatan penemuan terbimbing siswa SMP. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 80. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.169.
Nasruddin, N., & Abidin, Z. (2017). Meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa SMP. Journal of Educational Science and Technology (EST). UNM Makassar. 3(2), 113-121. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3557.
Saragih, S. 2008. Mengembangkan Keterampilan Berfikir Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika. 2: 310-327.
Sejati, A.E., Syarifuddin, S., Nasruddin, N., Miftachurohmah, N., & Haryanto, E. (2021). the effectiveness of guided inquiry learning model with edmodo assisted to facilitate critical thinking skills. Prisma Sains: Jurnal pengkajian ilmu dan pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 9(2), 204-219. doi: https://doi.org/10.33394/j-ps.v9i2.4260.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan,Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta,2015.
Tarjo, T. 2019. Metode penelitian sistem 3x baca. Yogyakarta: Depublish.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v10i3.5700
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nasruddin Nasruddin, Herlina Herlina, Ulfayanti Ulfayanti, Nisa Miftachurohmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.