Development of Hy-Quiz Learning Media Based on Android to Improve Students’ Learning Motivation in Nomenclature of Hydrocarbon Derivative Compounds Sub Material
Abstract
Keywords
References
Al-mira, N. S., & Hidayah, R. (2020). Validitas Permainan Element Adventure Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Kimia Unsur. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 371–378. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n3.p371-378
Apsiswanto, U., & Nanda, A. P. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Kalirejo. Jurnal Multimedia Dan Android (JMA), 1(1), 1–10.
Azizah, N. (2016). PENGEMBANGAN LKS DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA. J. Pijar MIPA, 4(1), 1–23.
Azmi, N., Maryono, D., & Yuana, R. A. (2017). Development of an Android-based Learning Media Application for Visually Impaired Students. IJIE (Indonesian Journal of Informatics Education), 1(1), 61. https://doi.org/10.20961/ijie.v1i1.11796
Cahya, R. N., Suprapto, E., & Lusiana, R. (2020). Development of Mobile Learning Media Based Android to Suport Students Understanding. Journal of Physics: Conference Series, 1464(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1464/1/012010
Feriatna, T., Pramuditya, S. A., & Aminah, N. (2017). Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Peluang Untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal LEMMA, 4(1), 65–75. https://doi.org/10.22202/jl.2017.v4i1.2378
Georgiev, T., Georgieva, E., & Smrikarov, A. (2014). M-Learning - a New Stage of Е-Learning. International Conference on Computer Systems and Technologies - CompSysTech. https://doi.org/10.1145/1050330.1050437
Hatimah, H., & Khery, Y. (2021). Pemahaman Konsep dan Literasi Sains dalam Penerapan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 8(1). https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/4078
Huda, M., Purnomo, E., Anggraini, D., & ... (2021). Higher Order Thinking Skills (Hots) Dalam Materi Dan Soal Pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Sma Terbitan Kemendikbud Ri. Prasi: Jurnal Bahasa …, 16(02), 128–143. https://doi.org/10.23887/prasi.v15i01.40671
Irfan, I., Aswar, A., & Erviana, E. (2020). Hubungan Smartphone Dengan Kualitas Tidur Remaja Di Sma Negeri 2 Majene. Journal of Islamic Nursing, 5(2), 95. https://doi.org/10.24252/join.v5i2.15828
Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 37. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.33520
KOMINFO. (2017). Survey Penggunaan TIK 2017. Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik.
Kumala, S. A., Dwitiyanti, N., & Widiyatun, F. (2022). Efektifitas penggunaan media pembelajaran berbasis android sififi pada materi besaran dan satuan. JIP: Jurnal Ilmu Penelitian , 2(8), 2755–2762.
Kusumadewi, W. A. P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Simulasi Pada Mata Pelajaran Perkaitan Komputer Untuk Siswa Kelas X di SMK Negeri 3 Surabaya. It-Edu, 1(01).
Lubis, I. R., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Kognitif Peserta Didik Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7504
Lutfi, A., Hidayah, R., Sukarmin, S., & Dwiningsih, K. (2021). Chemical Bonding Successful Learning Using The “Chebo Collect Game”: A Case Study. Journal of Technology and Science Education, 11(2), 474–485. https://doi.org/10.3926/JOTSE.1265
Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Cs 6 Pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 2, 79–83. https://doi.org/10.35438/e.v8i1.221
Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1). https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168
Perbawa, I. G. B., Adiarta, A., & Ratnaya, I. G. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Smartphone Berbasis Android Untuk Pembelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN). Jurnal Pendidikan Teknik …, 9(3), 232–242. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/view/23670
Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 53, Issue 9).
Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru). Depok: Rajawali Pers
Saputri, I. W. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Di Smk Negeri 1 Surabaya. It-Edu, 1(01).
Sari, W. N., Murtono, & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Tambahmulyo 1. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 1.
Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2018.). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmawati, T. (2020). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kimia Pada Ma-teri Kesetimbangan Kimia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL) siswa kelas XI-IA 5 SMA Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Vokasi (JP2V), 1(3), 307–315. https://doi.org/10.32672/jp2v.v1i3.2295
Wilson, M., & Bolliger, D. U. (2013). Mobile learning: Endless possibilities for allied health educators. Journal of Diagnostic Medical Sonography, 29(5), 220–224. https://doi.org/10.1177/8756479313503734
Yunus, Y., & Fransisca, M. (2020). Analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran kewirausahaan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 118–127. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32424
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v10i2.4953
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nora Nora, Achmad Lutfi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.