Penerapan ELPSA Framework Berbantuan Game pada Materi Eksponensial
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anita, I.W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathemathics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Jurnal Infinity, 3(1). 125-132.
Berliner, D.C., & Gage. (1984). Educational Psycology Third Edition. USA: Houghton Mifflin.
Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (p 44). California: SAGE Publication.
Febrilia, B.R.A. & Patahuddin, S.M. (2019). Investigasi Tingkat Keterlibatan Matematika Siswa Melalui Analisis Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran ELPSA dan Implementasinya di Kelas. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1). 55-72.
Hartiningsih, R. (2016). Efektivitas Desain Pembelajaran ELPSA (Experiences, Language, Pictures, Symbols, Application) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Islam Sultan Agung pada Materi Pokok Relasi dan Fungsi Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia.
Johar, R. (2016). Desain Pembelajaran ELPSA pada Materi Pencerminan. Jurnal Edumatica, 7(2). 49-58.
Johar, R. & Hajar, S. (2016). Implementation of ELPSA Framework in Teaching Integral Using Technology. International Journal of Science and Applied Technology, 1(1). 16-21.
Kunandar. (2015). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Lowrie, T. & Patahuddin, S.M. (2015). ELPSA as A Lesson Design Framework. Journal of Mathemathics Education, 6(2). 1-15.
________. (2015). ELPSA: Kerangka Kerja untuk Merancang Pembelajaran Matematika. Jurnal Didaktik Matematika 2(1). 94-108.
Mashar, R. (2011). Emosi Anak Usia Dini dan Startegi Pengembangannya. Jakarta: Kencana.
Pinahayu, E.A.R. (2015). Problematika Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Eksponen dan Alternatif Pemecahannya. Jurnal Formatif, 5(3). 182-191.
Prayitno. (2017). Permainan Matematika Suatu Daya Tarik Bagi Peserta Didik. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5(1). 101-111.
Uno, H.B. & Mohamad, N. (2013). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, H.B. (2011). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, H.B., Umar, M.K., Panjaitan, K. (2014). Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran (p. 25). Jakarta: Ina Publikatama.
Yusmin, E. (2017). Kesulitan Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika (Rangkuman dengan Pendekatan Metaethnography). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 9(1). 2119-2135.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v0i0.1267
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Devi Arhami Putri, Rahmah Johar, Muhammad Hasbi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.