The Urgency of Heutagogy-Based Local Wisdom in Elementary School Curriculum in Bali
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditya, M., Rezandy, P., Artini, L. P., Luh, N., Eka, P., & Dewi, S. (2020). Teacher’s Strategies In Promoting The 21st Century Learing Skills Online Class In Tourism Vocational High School. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 604. https://doi.org/https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/28037
Adiyanta, F. C. S. (2019). Hukum dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. Administrative Law and Governance Journal, 2(4), 669. https://doi.org/10.14710/alj.v2i4.697-709
Akyildiz, S. T. (2019). Do 21st Century Teachers Know about Heutagogy or Do They Still Adhere to Traditional Pedagogy and Andragogy? International Journal of Progressive Education, 15(6), 151–169. https://doi.org/10.29329/ijpe.2019.215.10
Aras, A. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS-TGT Pada Pembelajaran Matematikadi Kelas VIII SMPN 1 Makassar. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 119–127. https://doi.org/10.35905/alishlah.v16i2.757
Arya, P. A. P. (2015). Revitalisasi Permainan Tradisional Bali Sebagai Bagian Dari Atraksi Wisata Budaya Di Kota Denpasar. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 1, 83–99. https://doi.org/10.24843/jumpa.2015.v01.i02.p07
Auliya, J., Mahayukti, G. A., & Gita, I. N. (2018). Penerapan Penilaian Diri untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 144. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.14022
Bele, F., & Made, D. (2018). Inovasi Pembelajaran Elektronik dan Tantangan Guru Abad 21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 2(1), 10–18. https://doi.org/https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.79
Bria, F. Y., Nahak, V. L., & Dahlan, R. (2020). Internalisasi Kearifan Lokal Suku Leun Weau dalam Materi Ajar Sosiologi pada Pokok Bahasan Nilai dan Norma. AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya, 2(2), 40. https://doi.org/10.35905/almaarief.v2i2.1812
Cahya, R. P. D. M., Arnyana, I. B. P., & Dantes, N. (2020). Pengembangan Instrumen Kemampuan Numerik dan Hasil Belajar Matematika Materi Pengoahan Data Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 94. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i2.3455
Chan, C. G., Embi, M. A. Bin, & Hashim, H. (2019). Primary School Teachers’ Readiness Towards Heutagogy and Peeragogy. Asian Education Studies, 4(1), 11. https://doi.org/10.20849/aes.v4i1.602
Daniah. (2021). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Didong dalam Upaya Pembinaan Karakter Peserta Didik. Masyawakat Ilmu Sosial: Junral Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia, 47(1), 18. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/download/4585/3011
Fauzi, M. S. (2021). Implementasi Paradigma Heutagogi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Perguruan Tinggi : Sebuah Sistematis Review. Heutagogia: Journal of Islamic Education, 1(1), 6. https://doi.org/10.4102/hts.v72i1.3394.5
Gaol, P. L. (2020). Literature Study : The Transformation of Post-Pandemic Learning Methods from Pedagogy , Andragogy to Heutagogy. 187–192. http://180.250.247.102/conference/index.php/knia/article/view/241
Hase, S., & Kenyon, C. (2007). Heutagogy: A Child of Complexity Theory. Complicity: An International Journal of Complexity and Education, 4(1), 111–118. https://doi.org/10.29173/cmplct8766
Hiryanto. (2017). Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogy Serta Implikasinya Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Dinamika Pendidikan, 22(1), 65–71. https://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan/article/view/19771
Hotimah, Ulyawati, & Siti Raihan. (2020). Pendekatan Heutagogi Dalam Pembelajaran di Era Society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 157. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/602
Indrawan, I. P. O., Sudirgayasa, I. G., & Wijaya, I. K. W. B. (2020). Integrasi Kearifan Lokal Bali Di Dunia Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Webinar Nasional Universitas Mahasaraswati Denpasar “Percepatan Penanganan COVID-19 Berbasis Adat di Indonesia” INTEGRASI, 189. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/webinaradat/article/view/1181
Kardiawan, I. K. H. (2013). Pengaruh Pelatihan Olahraga Tradisional Bali Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 46(2), 175. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/download/2683/2266
Kunniarti, D., Budjang, G., & Imran. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Konflik Sosial Antar Siswa Kelas Ix. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(12), 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/23176/18307
Milles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook (3 ed.). UI Press.
Partono, Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 42. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810
Purnomo, P., & Palupi, M. S. (2016). Pengembangan Tes Hasil belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah Yang Berkaitan Dengan Waktu, Jarak, dan Kecepatan Untuk Siswa Kelas V. Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD), 20(2), 153. https://e-journal.usd.ac.id/index.php/JP/article/download/872/688
Puspadewi, K. R., & Wulandari, I. G. A. P. A. (2018). Analisis Etnomatematika Jejahitan Bali Dalam Pembelajaran Bangun Datar. Bakti Saraswati, 7(2), 146. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/baktisaraswati/article/view/211
Puspitasari, C. D. (2013). Analisis Kebutuhan Untuk Meningkatkan Kemampuan Tenaga Pendidik Dalam Menerapkan Penguasaan Pribadi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 27(18), 69–79. https://media.neliti.com/media/publications/259428-analisis-kebutuhan-untuk-meningkatkan-ke-3d9f4852.pdf
Putri, R. A., Heryana, N., & Syahrani, A. (2018). Pemertahanan Bahasa Bali Dalam Ranah Keluarga Dan Ranah Agama Di Desa Sedahan Jaya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(7), 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/26493
Ridwan. (2015). Problematika Keragaman Kebudayaan Dan Alternatif Pemecahan. Jurnal Madaniyah, 2(9), 268. https://media.neliti.com/media/publications/195079-ID-problematika-keragaman-kebudayaan-dan-al.pdf
Ripai, I., & Sutarna, N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Learning. Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal pada Era Revolusi Industri 4.0”, 4, 1147. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/167/165
Rukayah. (2018). JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Eksistensi Cerita Rakyat Sebagai Media Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol,2., 2(2), 33. https://www.researchgate.net/publication/328401817_Eksistensi_Cerita_Rakyat_Sebagai_Media_Pembentukan_Karakter_Siswa_Sekolah_Dasar/link/5bca8ff9a6fdcc03c79613ef/download
Saparuddin, A., Sukestiyarno, Y. L., & Junaedi, I. (2019). Etnomatematika Dalam Perspektif Problematika Pembelajaran Matematika : Tantangan Pada Siswa Indigenous. Universitas Negeri Semarang, 910–916. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/252/212
Sokrates. (2020). Heutagogy Dalam Dunia Pendidikan Indonesia. Binus Creates, 1. https://sokrates.id/2020/02/24/heutagogy-dalam-dunia-pendidikan-indonesia/
Soraya, D., Jampel, I. N., & Diputra, K. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Sosial Dan Berfikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(2), 76. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20409
Suastini, N. L. P., Mardani, D. M. S., & Hermawan, G. S. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis 4C Oleh Guru Bahasa Jepang Di Sma Negeri 2 Semarapura. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 6(1), 40. https://doi.org/10.23887/jpbj.v6i1.23736
Subawa, I. M. P. (2018). Bali dalam Dinamika Masyarakat dan Kebudayaan di Tengah Perkembangan Pariwisata. Pariwisata Budaya, 3(1), 95. http://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PB/article/view/428/348
Sukarma, I. W. (2017). Pengembangan Kearifan Lokal Seni Budaya Melalui Pendidikan Berbasis Banjar di Bali. Proceeding of International Conference on Art, Language, and Culture, 21–32. https://jurnal.uns.ac.id/icalc/article/view/16046/13134
Suwanto, Aisyah, N., & Santoso, B. (2019). Strategi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika SMA Negeri 1 Indralaya. Cakrawala, 19(1), 139–148. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jc.v19i1.3906
Suwardani, N. (2015). Pewarisan Nilai-nilai Kearifan Lokal untuk Memproteksi Masyarakat Bali dari Dampak Negatif Globalisasi. Jurnal Kajian Bali (Journal of Bali Studies), 5(2), 247–264. https://ojs.unud.ac.id/index.php/kajianbali/article/download/16775/11048
Syahrul, S., Arifin, A., Datuk, A., Almu, F. F., & Ramlah, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berorientasi Literasi Kearifan Lokal di Mas Al-Hikmah Soe Nusa Tenggara Timur. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 371–379. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jpm.v4i2.3628
Tasaik, H. L., & Tuasikal, P. (2018). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V Sd Inpres Samberpasi. Metodik Didaktik, 14(1), 46. https://doi.org/10.17509/md.v14i1.11384
Trisna, Wahyudin, D., Rusman, & Riyana, C. (2022). Heutagogy As Alternatif Approach For Learning At Elementary School In The Era Of Industrial Revolution4.0. Penelitian, Jurnal Hasil Kepustakaan, Kajian Pendidikan, Bidang, 8(2), 481. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/4020/3437
Tusyana, E., & Markhumah, U. F. (2021). Impelementasi Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Saintifik Tema III Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 1(1), 125–140. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v1i1.329
Uki, F., & Ilham, A. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar di SDN 03 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 89. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.89-95.2020
Urip, U., & Riwanto, M. A. (2020). Transformasi Sekolah Dasar Abad 21 New Digital Literacy untuk Membangun Karakter Siswa Di Era Global. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak …, 4(1), 1. http://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/308
Wahyuni, N. C. (2013, September). Kurikulum 2013 Dinilai Masih Kurang Nilai Budaya. Berita Satu, 1. https://www.beritasatu.com/archive/136784/kurikulum-2013-dinilai-masih-kurang-nilai-budaya
Wangi. (2020, April). Belajar dari Krisis Pandemi Covid-19, Indonesia Butuh Kurikulum Fleksibel. Lentera, 1. https://lenteratoday.com/belajar-dari-krisis-pandemi-covid-19-indonesia-butuh-kurikulum-fleksibel/
Wibawarta, B. (2013). Kurikulum 2013 Dinilai Masih Kurang Nilai Budaya. Berita Satu. https://www.beritasatu.com/archive/136784/kurikulum-2013-dinilai-masih-kurang-nilai-budaya
Zulkarnaen, M. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 3. https://doi.org/10.36835/falasifa.v11i2.368
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v9i1.5894
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Gusti Ayu Putu Sukma Trisna, Ketut Ayu Lola Monika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.