Analysis of Gender Based Reading Interest Index for High School Students at West Sumbawa Regency in 2021
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Azrin, Khalida. (2017). Pengaruh Ketersediaan Koleksi Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa SMA IPIEMS Surabaya. Jurnal Libri-Net Universitas Airlangga, 6 (2), 63-70.
Basrowi & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
BPS Kabupaten Sumbawa Barat. (2021). Kabupaten Sumbawa Barat dalam Angka 2021 (Sumbawa Barat Regency In Figures 2021. BPS: Kabupaten Sumbawa Barat.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar: Cetakan ke-3. Jakarta: Rineka Cipta.
Enanta, C. & Irhandayaningsih, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Baca Siswa SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, Vol. 6 (1), 371-380.
Irianto, Rudi. (2014). Pengaruh Fasilitas Perpustakaan dan kinerja pustakawan terhadap Minat Baca Siswa SMKN 9 Semarang Tahun 2014/2015. Economic Education Analysis Journal Vol.4 (2) 349.
Kasiyun, Suharmono. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana Untuk Mencerdaskan Bangsa. Jurnal Pena Indonesia Vol. 1 (1), 80-90.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Data Peserta Didik Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kemdikbud: Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Khairuddin, Zurina. (2013). A Study of Students’ Reading Interests in a Second Language. International Education Studies; Vol. 6, No. 11, Universiti Sultan Zainal Abidin, Malaysia.
Maharani, Ony Dina. (2016). The Children’s Reading Interest and Reading Skill in “Kampoeng Batja” Jember Regency. The 1th International Coference of Primary Education.
Maharani, Ony Diana., Laksono, Kisyani., Sukartiningsih, Wahyu. (2017). Minat Baca Anak-Anak Di Kampoeng Baca Kabupaten Jember. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol 3 (1), 320-328.
Menara62 Kabar Terpercaya. 20 Oktober 2020. From website: https://menara62.com/unesco-minat-baca-masyarakat-indonesia-masih-sangat-rendah
Middleton, Margaret Elizabeth. (2011). Reading Motivation and Reading Comprehension. Thesis. The Ohio State University.
Muslimin. (2018). Penumbuhan Budaya Literasi Melalui Peningkatan Minat Baca Masyarakat Desa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Vol 37 (1), 107-118.
Nasrullah, Irvan Muliyadi, Touku Umar. Agus Darmawan M. (2021). Sosialisasi Pentingnya Menumbuhkan Minat Baca di SD Negeri 236 Rumpala II Sinjai Barat. Jurnal Abdidas Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Vol. 2 (6), 1257-1486.
Papalia, D.E., dkk. (2008). Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta.
Perpustakaan Nasional. (2020). Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) Perpustakaan Nasional RI Tahun 2020. https://www.perpusnas.go.id/webforms/uploads/files /210405020626xjMXqGFhgn.pdf.
OECD. (2004a). Learning for tomorrow’s world: First results from PISA 2003. Paris, France: OECD.
Ruddamayanti. (2019). Pemanfaatan Buku Digital Dalam Meningkatkan Minat Baca. Dalam Konferensi Seminar Nasional Program Pascasarjana (PPS) Universitas PGRI Palembang (pp. 1193-1202). Palembang, Indonesia: Program Pascasarjana (PPS) Universitas PGRI Palembang.
Sari, Mezia Kemala dan Lisa, Rana Sari. (2018). The Effect of Anticipation Guide Strategy on Student’s Reading Comprehension. Jurnal Ta’dib 22 (1); 51-56.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D Cetakan ke 26. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian Cetakan ke 30. Bandung: CV Alfabeta.
Wanelly, Widya. (2019). Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Rangka Menumbuhkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Vol 3 (2).
Yoni, E. (2020). Pentingnya Minat Baca Dalam Mendorong Kemajuan Dunia Pendidikan. Jurnal Inovasi Pendidikan. 7 (1), 13-20.
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v8i1.4793
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rizka Donny Agung Saputra, Enida Fatmalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.