The Implementation of Song in Teaching Listening for the First Grade Students of English Department
Abstract
pengajaran listening bagi siswa semester satu program studi pendidikan bahasa Inggris IKIP PGRI Madiun
tahun Akademik 2014/2015. 2) untuk mengidentifikasi permasalahan yang muncul dikelas dari penggunaan
lagu bahasa Inggris dalam pengajaran listening bagi siswa semester satu program studi pendidikan bahasa
Inggris English tahun Akademik 2014/2015. 3) untuk mengidentifikasi solusi dari permasalahan yang muncul
dikelas dari penggunaan lagu bahasa Inggris dalam pengajaran listening bagi siswa semester satu program
studi pendidikan bahasa Inggris English tahun Akademik 2014/2015 Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa semester satu program studi pendidikan bahasa
Inggris IKIP PGRI Madiun pada tahun akademik 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas B
semester satu. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam pengambilan sample penelitian.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.Hasil
penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan lagu bahasa Inggris dalam mengajar listening terdiri dari tiga tahap yaitu:
a) pre activity, whilst activity dan post activity 2) Permasalahan yang muncul dalam penggunaan dikelas
adalah lagu yang diputar terlalu cepat, sehingga siswa kesulitandalam memahami isi lagu dan siswa sulit untuk
menulis kosakata berdasarkan lagu yang telah mendengarkan 3) Solusi yang diberikan dalam mengatasi
permasalahan yang muncul adalah dengan cara memutar lagu lebih dari tiga kali dan mahasiswa harus lebih
berkonsentrasi dalam mendengarkan lagu yang diputar dalam melengkapi vocabulary.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bambang Yudi Cahyono dan Shirly Rizki
Kusumaningrum. 2011. Practical
Techniques for English Language
Teaching. Malang: State University
of Malang Press.
Jurnal Kependidikan 15 (4): 344-348
Brown, H. Douglas. 2000. Principles of
Language Learning and Teaching
Fourth Edition. New York:
Longman.
Edge, Julian. 2001. Essentials of English
Language Teaching. New York:
Longman.
Maley, Alan. 2010. Listening Goodith
White. China: Oxford University
Press.
Nunan, David. 2003. Practical English
Language Teaching. North America:
McGrew Hill Contemporary.
Richard and Renandya, Willy A. 2002.
Methodology in language teaching.
USA: Cambridge University Press.
Richards, Jack C. 2001. Curriculum
Development in Language Teaching.
United States of America:
Cambridge University Press.
Ritchie, Jane and Ritchie, Lewis. 2003.
Qualitative Research Practice.
London: Sage Publications.
Sari Wahyuni. 2012. Qualitative Research
Method: Theory and Practice.
Jakarta: Salemba Empat.
Smaldino, Sharon E;Russell, James D;
Heinich, Robert; Molenda, Michael
, Instruction Technology and
Media for Learning. Columbus
Ochio: Pearson Merrill Printice Hall.
Wilson, J. J. 2009. How to Teach Listening.
Malaysia: Pearson Longman.
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v2i2.457
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Rengganis Siwi Amumpuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.