Analisis Implementasi Pembelajaran Daring Pada Masa New Normal (Studi Kasus di Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi FKIP UKSW Salatiga)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131-146.
Astuti, P.,& Febrian, F.(2019). Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan dan Persepsi Mahasiswa. Jurnal Gantang, 4(2), 111-119.
Budiyono, B. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 300-309.doi:https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475
CNN Indonesia. 2020. 65 Kampus Kuliah dari Rumah, Sultan Yogyakarta Ragukan Efektivitas. Diunggah pada 16 Maret 2020. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200316110707-20-483756/65-kampus-kuliah-dari-rumah-sultan-yogya-ragukan-efektivitas (Di akses pada 4 Juni 2020 pukul 00.54).
Dewi, S. N. (2020). Dampak Covid19 Terhadap Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 12(2), 87-93.
Fahrudin, A., & Fauziah, A. (2020). Pengaruh Pembelajaran Online terhadap Kemampuan Literasi, Keaktifan, dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Sains dalam Al-Qur’an di IAIN Tulungagung. EDUDEENA: Journal of Islamic Religious Education, 4(2), 95-105.
Fitrah, Muh., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 165-175. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654
Hardianto, D. (2012). Karakteristik Pendidik dan Peserta Didik dalam Pembelajaran Online. Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran, 8(2), 1-10.
Hariyanti, D., Mun'im, A. H., & Hidayat, N. (2020). Identifikasi hambatan mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran biologi secara daring selama pandemi covid-19 di kabupaten jember. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 11-21.
Ismail, Muhammad. I.(2020). Evaluasi Pembelajaran: Konsep dasar, Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Depok: Rajawali Pers.
Kemdikbud. 2020. SE Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se- mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19 (Diakses: 20 Februari 2021, pukul: 15.44 WIB).
Kemkes.“Tentang Novel Coronavirus (NCOV)”. https://www.kemkes.go.id/download.php?file=download/info-terkini/COVID- 19/TENTANG%20NOVEL%20CORONAVIRUS.pdf. (Diakses pada 03 Juni 2020 pukul 21.37).
Muis, M. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah: Teori dan Penerapannya. Gresik: Caremedia Communication.
Munawaroh, Isniatun.(2012). Esensi “Menghidupkan” Ruang Kelas BagipenyelenggaraanPembelajaran Efektif. Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran.
Mutia, I.,& Leonard, L.(2013). Kajian penerapan e-learning dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Faktor Exacta 6(4), 278-289.
Priyono, P. K.,Rusyani, Y., & Hartono, B. (2021). Jurnal Kesiapan Mahasiswa pada Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Saat Pandemi Covid-19 di STIKES Duta Gama Klaten. Jurnal Ilmu Kesehatan STIKES DUTA GAMA KLATEN,13(1),1-6.
Purba, R. A, dkk.(2020). Pengantar Media Pembelajaran. Penerbit: Yayasan Kita Menulis.
Purba, S., dkk. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan. Penerbit: Yayasan Kita Menulis.
Rektor UKSW. (2020). Surat Edaran RektorNo. 148/Rek./3/2020 Tanggal 16 Maret 2020 Tentang Penyesuaian Pelaksanaan Kegiatan Perkuliahan dan Kemahasiswaan Berkaitan dengan Pandemi Covid 19.
Rohmawati, Afifatu. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15-32.
Sanjaya, Ridwan. (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Semarang: SCU Knowledge Media.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA,cv.
Sutono, A. (2020). Pariwisata dan Ketahanan Nasional. Bandung: UPI Press.
Utami, Rosanita T., dkk. 2021. New NormalEra dalam Berbagai Aspek Kehidupan.Yogyakarta: Zahir Publishing.
Wulandari, M. A., Arga, H. S.P., Kelana, J. B., Altaftazani, D. H., Ruqoyyah, S. (2020). Analisis pembelajaran “daring” pada guru sekolah dasar di era covid-19. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 164-168.
Yanti, F. A., Mundlilarto, dan Heru. K. (2019). Teori dan aplikasi model cooperative research project based learning di perguruan tinggi. Yogyakarta: CV. Gre Publishing.
Yuliani, Meda., dkk. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Penerbit: Yayasan Kita Menulis.
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3839
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 eka yuliana rahmawati, Arief Sadjiarto, Tri Nugroho Budi Santoso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.