Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Mahasiswa Program Studi Perhotelan Politeknik Bosowa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Bary, M. A., & Febrinda, A. E. (2020). Desain Penanaman Nilai Karakter pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Vokasi Menggunakan Absen Online untuk Aspek Karakter Kejujuran, Tanggung Jawab, dan Disiplin PENDAHULUAN Pendidikan tinggi vokasi di Indonesia merupakan salah satu bentuk pendidikan yang me. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 60–70. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9874
DEPDIKNAS. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Indonesia. In indonesia. Depdiknas.
Fajar, C., & Hartanto, B. (2019). Tantangan Pendidikan Vokasi di Era Revolusi Industri 4 . 0 dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang Unggul. Seminar Nasional Pascasarjana 2019.
Fikri, A. (2019). Pengaruh Globalisasi dan Era Disrupsi terhadap Pendidikan dan Nilai-Nilai Keislaman. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 117–136. https://doi.org/10.32533/03106.2019
Khery, Y., Rosma Indah, D., Aini, M., & Asma Nufida, B. (2020). Urgensi Pengembangan Pembelajaran Kimia Berbasis Kearifan Lokal dan Kepariwisataan untuk Menumbuhkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 460. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2718
Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education.
Maida, N. (2017). Pengasuhan Anak Dan Budaya 3s (Sipakatau, Sipakainge Dan Sipakalebbi) Di Perkotaan. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia, 2, 327–334.
Muhali, M. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126
Nandi, N. (2016). PARIWISATA DAN PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA. Jurnal Geografi Gea, 8(1). https://doi.org/10.17509/gea.v8i1.1689
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. In Nizmania Learning Center.
Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264
Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA.
Salim, A., Salik, Y., & Wekke, I. S. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Masyarakat Bugis. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 11(1), 41–62. https://doi.org/10.24042/ijpmi.v11i1.3415
Sar’iyyah, N., Abdullah, A. N., & Novianti, C. (2018). Model ADDIE Berbasis Kearifan Lokal Ende-Lio untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Desain Pembelajaran IPA. Journal of Elementary School (JOES). https://doi.org/10.31539/joes.v1i2.466
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1016/j.drudis.2010.11.005
Sujana, I. W. C. (2019). FUNGSI DAN TUJUAN PENDIDIKAN INDONESIA. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Suyitno, I. (2017). the Development of Education on the Character and Culture of. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(February 2012), 1–13.
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3186
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Riska Veronika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.