Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Melalui Penggunaan Bahan Manipulatif
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ajai, J.T., Imoko, B.I., & O’kwu, E.I. (2013). Comparison of the learning effectiveness of problem-based learning (PBL) and conventional method of teaching algebra. Journal of Eduaction and Practice, 4(1), 131-135.
Akbar, A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn di SMA Negeri 1 Batukliang Utara. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 5(1). doi https://doi.org/10.33394/jk.v5i1.1386
Arthur Y. D, Oduro, F. T & Boadi. R. K. (2014). Statistical analysis of ghanaian students attitude and interest towards learning mathematics. International Journal of Education and Research Vol. 2 No. 6 661-670
Astutik, H. (2017). Keefektifan pembelajaran berdasarkan masalah pada bangun ruang sisi datar ditinjau dari penguasaan SK, motivasi, dan minat siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 56-66. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.12722
Bloom, B. S. et al. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: Handbook 1, Cognitive Domain. New York: David McKay.
Brown, M. W. (2009). The teacher-tool relationship: theorizing the design and use of curriculum materials. Dalam Remillard, J. T., Eisenmann, B. A. h., & Lloyd, G. M. 2009. Mathematics teachers at work connecting curriculum materials and classroom instruction. New York, NY: Routledge.
Cockett, A. & Kilgour, P. W. (2015) "Mathematical Manipulatives: Creating an Environment for Understanding, Efficiency, Engagement, and Enjoyment," Teach Collection of Christian Education. 11 (5). Available at: http://research.avondale.edu.au/teachcollection/vol1/iss1/5
Cope, L. (2015). Math manipulatives: making the abstract tangible. Delta Journal of Education. 5(1), 10-19
Depdikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional Republik Indonesia tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Depdikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Elizabeth, A., & Sigahitong, M., M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 67-76. doi: https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.1044
Enki, K. (2014). Effects of using manipulatives on seventh grade students’ achievement in transformation geometry and orthogonal views of geometric figures. Unpublished master’s thesis. Ankara: Middle East Technical University .
Essien, E. E., Akpan, O. E., & Obot, I. M. (2015). Students’ interest in social studies and academic achievement in tertiary institutions in cross river state, Nigeria. European Journal of Training and Development Studies, 2,(2), 35-40.
Fennema, E., & Romberg, T. A. (Eds). (1999). Mathematics classrooms that promote understanding. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
Herisnawati., Nurhidayati, S., & Wijayanti, T.S. (2015). Pengaruh Metode Make A Match Terhadap Aktivitas, Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 3(2), 93-101. doi: https://doi.org/10.33394/j-ps.v3i2.975
Hasanah, U., Gummah, S., Herayanti, L. (2018). Pengaruh Penggunaan Handout Berbasis Pemecahan Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 6(1), 38-45.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Jiniarti1, B. E., Sahidu, H. & Verawati, N. N. S. P. (2015). . Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 22 Mataram. Prima Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA. 3(1), p.27-33. doi:https://doi.org/10.33394/j-ps.v3i1.1075
Kontas, H. (2016). The effect of manipulatives on mathematics achievement and attitudes of secondary school students. Journal of Education and Learning, 5, (3), p 10-20
Koroh, T., & Ly, P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(1). doi: https://doi.org/10.33394/jk.v6i1.2445
Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K. (2019). Problem-based learning dalam pembelajaran matematika: Upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 112-125. doi: https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.25034
McArdle, G. (2010). Instructional design for action learning. New York: NY: Amacom.
Meke, K.D.P et al (2018). The Effectiveness of Problem-based Learning Using Manipulative Materials Approach on Cognitive Ability in Mathematics Learning. J. Phys.: Conf. Ser. 1097 (012135). 1-7
Meke, K.D.P, Jailani, J., Wutsqa, D.U. & Alfi, F.D. (2019). Problem based learning using manipulative materials to improve student interest of mathematics learning. J. Phys.: Conf. Ser. 1157 (032099),1-8.
Meke, K.D.P., Wondo, M.T.S., & Wutsqa, D.U. (2020). Pembelajaran Problem Based Learning dengan Penggunaan Bahan Manipulatif Ditinjau dari Minat Belajar Matematika. JPPM: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. 13(2), 164-177
Nitko, A. J., & Brookhart S. M. (2011). Educational Assessment of Students (6th ed). Boston, MA: Pearson Education, Inc.
Pantziara, M. & Philippou, G. N. (2014). Students’ motivation in the mathematics classroom. Revealing causes and consequences. International Journal of Science and Mathematics Education, 13(2), 385-411
Plomp. T. (2013). Educational design research: an introduction. Dalam Plomp, T & Nieveen, N. (eds), Educational design research part A: an introduction. Enschede: SLO.
Prayogi, S. & Asy’ari. M. (2013). Implementasi Model PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prima Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA. 1(1). p.80-88.
Rahmawati, U., & Suryanto, S. (2014). Pengembangan model pembelajaran matematika berbasis masalah untuk siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 88-97.
Reys, R. E., Syudam, M. N., Linquist, M. M., & Smith, N. L. (1998). Helping children learn mathematics (5th ed). Needham Heights, MA: Allyn & Bacon.
Sasongko, H.W. & Jailani, (2014) Tinjauan keefektifan group investigation menggunakan alat peraga manipulatif dari aspek prestasi belajar bangun ruang sisi datar dan apresiasi terhadap matematika SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. 9(2). 136-146
Schukajlow, et. al (2012). Teaching methods for modelling problems and students’ task-specific enjoyment, value, interest and self-efficacy expectations. Educ Stud Math, 79, 215–237.
Sulistyani, N., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran bangun ruang di SMP dengan pendekatan problem-based learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 197 - 210.
Susanto, E., & Retnawati, H. (2016). Perangkat pembelajaran matematika bercirikan PBL untuk mengembangkan HOTS siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 189-197. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10631
Trianto. (2012). Model pembelajaran terpadu: Konsep, strategi, dan implementasi dalam KTSP. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Wondo, M. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika SMP kelas VIII semester genap dengan model problem-based learning. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 76-86. doi:http://dx.doi.org/10.21831/pg.v12i1.14056
Yulistiyarini, H & Mahmudi, A. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran materi geometri ruang SMP dengan memanfaatkan alat peraga manipulatif dan lingkungan. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. 10 (2), 155-167.
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2861
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Konstantinus Denny Pareira Meke, Maria Trisna Sero Wondo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.