Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Teorema Pythagoras
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Ario, M. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK Setelah Mengikuti Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah Edu Research, 5(2), 125–134.
Frastica, Z. R. (2013). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Pendekatan Open Ended pada Siswa SMP ditinjau dari Perbedaan Gender. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga.
Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis high order thinking skill (hots) siswa dalam menyelesaikan soal open ended matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 55–64.
Hidayatullah, M. S., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. TSCJ (Thinking Skills and Creativity Journal), 2(2), 93–102.
Maimunah, M., Sa’dijah, C., Purwanto, P., & Sisworo, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Melalui Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Kelas X-A SMA Al-Muslimun. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 17–30. https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.1.17-30
Nurkhaeriyyah, T. S., Rohaeti, E. E., & Yuliani, A. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Mts Di Kabupaten Cianjur Pada Materi Teorema Pythagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 827. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p827-836
Puspendik. (2019). Diagnosa Hasil Ujian Nasional Tahun 2019. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!daya_serap!99&99&999!T&03&T&T&1&!1!&.
Rohaeti, E. E., Bernard, M., & Novtiar, C. (2019). Pengembangan Media Visual Basic Application untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa SMP dengan Pendekatan Open-Ended. Supremum Journal of Mathematics Education, 3(2), 95–108.
Rosnawati, R. (2013). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 1–6. https://doi.org/10.4296/cwrj2701043
Ruslan, A. ., & Santoso, B. (2013). Pengaruh Pemberian Soal Open-Ended Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Kreano, 4(2), 138–150.
Setiawan, A. (2016). Hubungan Kausal Penalaran Matematis terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 91–100.
Somatanaya, A. A. G. (2017). Analisis Kemampuan Berfikir Nalar Matematis Serta Konstribusinya terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Terhadap Mahasiswa FKIP Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi). Teorema: Jurnal Teori Dan Riset Matematika, 1(2), 55–62.
Sugiatno, S., & Husna, N. (2020). Isu-Isu Kosakata Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(1), 58–66 doi:https://doi.org/10.33394/jk.v6i1.2281.
Syutaridho. (2015). Pengembangan Soal Open Ended pada Pokok Bahasan Pythagoras. JPM RAFA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 118–139.
Ubaidah, N. (2015). Meningkatkan kemampuan penalaran siswa melalui pembelajaran auditory intellectual repetition berbantuan buku siswa pada materi persamaan trigonometri. Fibonacci Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 11–22.
Wahyuni, Z., Roza, Y., & Maimunah. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas X pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 3(1), 81–92.
Yenni, & Aji, R. S. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Numbered heads Together. Jurnal Prima, V(II), 73–81.
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2566
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Fadilah Gustin Khainingsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.