Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0

Budiyono Budiyono

Abstract


This study aims to examine the use of technology technique as a learning media and teacher innovation to overcome the problem. By library research, the researcher conducted the relevant literature study to answer the research and explained it descriptively. The results of the study indicate that optimization on the use of instructional media was done by understanding the characteristics of media and learning needs. Technology controller was the teacher, not the teacher depending on technology. Teacher needs innovation when facing the limitations or facing other technical obstacles. Teacher can maximize everything that can be used to deliver learning information, including the use of the environment. So, something real can be presented applicatively.


Keywords


Learning Media, Technology, Enviromnmental Use.

References


Abdul Kadir dan Terra Ch. Triwahyuni (2013). Pengantar Teknologi Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Arif Sadiman dkk (2012). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Azhar (2016). Pemanfaatan Media Berbasis Lingkungan dan Media Standar Laboratorium Pada Pembelajaran Dasar-Dasar Sains Di Program Studi Pendidikan Kimia FTK UIN Ar-Raniry. Lantanida Journal. 4 (2).

Azhar Arsyad (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Bimo. Diakses 20 Maret 2020 https://pakarkomunikasi.com/sejarah-media-pembelajaran

Fitroh Setyo Putro Wibowo (2017). Analisis Kemampuan Guru Terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi. Journal Elementary School Education. 1 (1), 11-25.

Mursid Rosidi (2019). Penggunaan Media Konkret Pada Pemahaman Konsep Bagian Tumbuhan Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IIIC. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 12 (1), 63-68.

Ndapa Lawa, S. (2020). Pengaruh Integrasi Bahan Ajar Media Picture Series Berbasis Flash Melalui Pendekatan Komunikatif Terhadap Kemampuan Bercerita. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(1), 139-146. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v6i1.2453

Puguh Ariwibowo dan Parmin (2015). Pengembangan Audio Visual Sistem Sirkulasi Darah Yang Berpendekatan Saintifik. Unnes Science Education Journal. 4 (2), 882.

Ramayulis (2018). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar PKN Siswa Kelas II SD Negeri 157 Pekanbaru. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran). 2 (2), 214-222.

Rina Purwendri (2013). Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Program Berbasis Lectora Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Konsep Gerak Tropisme Pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Ilmiah Guru “Cope”. 2 (17), 12-18.

Riva’atul Adaniah W (2016). Analisis Perkembangan Internet Broadband di Wilayah Perbatasan Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Penelitian Pos dan Informatika. 6 (2), 201-226.

Rohmah K.K dan Marimin (2015). Pengaruh persepsi Siswa mengenai keterampilan mengajar, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru terhadap prestasi siswa Program Studi Administrasi Perkantoran di SMK 1 Purwodadi. Jurnal Ekonomi Dinamika Pendidikan. 10 (2), 28-41.

Saharuddin (2011). Perkembangan Teknologi Informasi. Sleman: Pustaka Akademika.

Savic Bachdar. Diakses 20 Maret 2020 https://marketeers.com/inilah-konten-internet-yang-sering-diakses-anak-anak-di-dunia/

Sukardi (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan; Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Susilo Setyo Utomo (2019). Guru di Era Revolusi Industri 4.0.

Tuti Andriani (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Sosial Budaya: Media Komunikasi Ilmu-ilmu Sosial dan Budaya. 12 (1), 136-137.

Wina Sanjaya (2010). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan KTSP. Jakarta: Kencana.

Wina Sanjaya (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Yusrizal (2016). Survey Penggunaan Teknologi dan Informasi di Wilayah Perbatasan. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi. 5 (1), 13-28.

Yusrizal dkk (2017). Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SD Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah. 2 (2), 126-134.




DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Budiyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran

E-ISSN: 2442-7667

Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected] 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.