Development of Digital Comics Integrated with Pancasila Student Profiles in The Merdeka Curriculum to Enhance Narrative Text Comprehension
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananda, N., & Albina, M. (2025). Langkah-langkah efektif dalam penyusunan RPP dan modul ajar untuk pembelajaran yang berkualitas. Jurnal Media Akademik (JMA), 3(1). https://doi.org/10.62281/v3i1.1472
Apostolou, D., & Linardatos, G. (2023). Cognitive load approach to digital comics creation: a student-centered learning case. Applied Sciences (Switzerland), 13(13). https://doi.org/10.3390/app13137896
Atikasari, Sudirman, & Hakim, M. (2023). Profil pelajar pancasila pada teks cerita fiksi buku siswa mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(03), 2477–2143. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11497
Branch, R. M. (2010). Instructional design: the ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Çam, E., & Baştuğ, M. (2024). A reading comprehension program for primary school students. Reading Psychology. https://doi.org/10.1080/02702711.2024.2425090
Daulay, M. I., & Nurmnalina. (2021). Pengembangan media komik untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 41 Pekanbaru. Urnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 24–34. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.452
Escobar, J. P., & Espinoza, V. (2024). Direct and indirect effects of inhibition, working memory and cognitive flexibility on reading comprehension of narrative and expository texts: same or different effects? Reading and Writing Quarterly. https://doi.org/10.1080/10573569.2024.2400993
Fajrie, N., Aryani, V., & Kironoratri, L. (2024). Media belajar digital berbasis kearifan lokal sebagai sumber bacaan dongeng sastra anak. Jurnal Elementaria Edukasia, 7(1), 2262–2275. https://doi.org/10.31949/jee.v7i1.8123
Fatimah, siti, Arifin, I., & Atmoko, A. (2024). Penggunaan buku “dongeng bermagi jadikan anak berbakti” berbasis profil pelajar pancasila pada satuan paud. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 280–294. https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i1.11607
Fauzan, F., Ansori, R. A. M., Dannur, Moh., Pratama, A., & Hairit, A. (2023). The implementation of the merdeka curriculum (independent curriculum) in strengthening students’ character in Indonesia. Aqlamuna: Journal of Educational Studies, 1(1), 136–155. https://doi.org/10.58223/aqlamuna.v1i1.237
Febri, I. W. N., & Purwacandra, P. P. (2024). Peran desain audio visual dalam membangun suasana dan emosi pada produksi film layar lebar the role of audio-visual design in building atmosphere and emotion in feature film production. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 12(03), 1–13. https://doi.org/10.35450/jip.v12i03.644
Fitriani, A., & Attalina, S. N. C. (2024). Analisis implementasi program klinik literasi gadebuk dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa pada kurikulum merdeka. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(3), 768–779. https://doi.org/10.14421/njpi.2024.v4i3-11
Fitri, F., & Ardipal, A. (2021). Pengembangan video pembelajaran menggunakan aplikasi kinemaster pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6330–6338. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1387
Ghazalah, K. N., Sukasih, S., & Andriani, A. E. (2023). Pengembangan media komik strip elektronik untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks narasi. Joyful Learning Journal, 12(1), 42–47. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj
Hajaroh, S., & Raehanah. (2021). Statistik pendidikan (teori dan praktik). Sanabi. www.sanabil.web.id
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek profil pelajar pancasila sebagai penguatan pendidikan karakter pada peserta didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309
Juraidah, J., & Hartoyo, A. (2022). Peran guru dalam menumbuhkembangkan kemandirnan belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar melalui proyek penguatan profil pelajar pancasila. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 8(2), 105–118. https://doi.org/10.31932/jpdp.v8i2.1719
Maghfiroh, & Mulyani, P. K. (2024). Pengaruh metode outing class terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 361–376. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20001
Mailida, Y., Wandini, R. R., & Rahman, M. F. (2023). Karakteristik mata pelajaran bahasa Indonesia. Journal Of Social Science Research, 3(2), 5608–5615. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Marliana, L., & Subrata, H. (2023). Keefektifan penggunaan media komik digital dalam kemampuan membaca pemahaman siswa kelas iv sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1274–1283. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/53648
Miftah, M. (2022). Pengembangan model e-learning: studi analisis kebutuhan & uji kelayakan. CV. Feniks Muda Sejahtera.
Nursolehah, S., Rasminah, S., Rokmah, S., & Najiyah, S. (2024). Efektivitas pembelajaran visual dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap sejarah islam di MI Miftahul Huda. EduSpirit: Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 1(3), 414–419. https://journal.makwafoundation.org/index.php/eduspirit/article/view/1181
OECD. (2023). PISA 2022 results factsheets Indonesia PUBE. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.
Pangriptaningrum, A., Rahmah, M., & Imaniah, R. S. (2024). Analisis peran komik digital dalam meningkatkan minat baca pada siswa sekolah dasar tingkat awal. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 259–267. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13209
Priyadi, A., & Kuswanto, H. (2023). The android-based comic of Gajah Mungkur Dam: improving mathematical representation and critical thinking abilities. Journal of Technology and Science Education, 13(1), 116–129. https://doi.org/10.3926/jotse.1174
Purwati, L. M., Subali, B., & Ridlo, S. (2022). The development of digital comic media for science subject to improve information technology literacy skill for grade IV elementary school students. Journal of Primary Education, 11(3), 373–387. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpe.v11i3.74829
Putra, R. T. (2024). Pengembangan media big book berbasis nilai-nilai islami untuk meningkatkan keterampilan pemahaman membaca siswa sekolah dasar. EduSpirit : Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 1(1), 117–122. https://doi.org/10.57255/eduspirit.v1i1.17
Quraisy, A. (2020). Normalitas data menggunakan uji kolmogorov-smirnov dan saphiro-wilk: studi kasus penghasilan orang tua mahasiswa prodi pendidikan matematika unismuh makassar. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 3(1), 7–11. https://j-hest.web.id/index.php/2/article/view/129
Rahmawati, M., & Umam, N. K. (2023). Analisis keterampilan membaca dengan model pembelajaran CIRC pada peserta didik kelas 4 UPT SD Negeri 68 Gresik. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(1), 55–61. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i1.5097
Rohmah, N. N. S., Markhamah, Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi penguatan profil pelajar pancasila dimensi berkebhinekaan global di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6124
Rosadi, F., & Karimah, N. A. N. (2021). Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui media pembelajaran komik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1, 87–96. https://senapadma.nusaputra.ac.id/index
Sabilla, S., Lubis, S. M. F., & Nasution, F. (2023). Pengajaran membaca melalui pendekatan kognitif dan konstruktivisme. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 842–852. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v3i3.3016
Sinamo, J., & Herawati, J. (2023). Meningkatkan minat baca anak usia dini menggunakan buku cerita bergambar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3). https://publisherqu.com/index.php/pediaqu
Sugiri, A. (2024). Pembelajaran inovatif: implementasi metode membaca terbimbing (guided reading) berbantuan video animasi untuk meningkatkan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(1), 45–63. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu
Sugiyono. (2022). Metode penelitian dan pengembangan: research and development/R&D (S. Y. Suryandari, Ed.; 5th ed.). Alfabeta.
Sukarelawa, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs stacking: analisis perubahan abilitas peserta didik dalam desain one group pretest-posttest (1st ed.). Suryacahya. https://eprints.uad.ac.id/54302/1/Dummy%20NGain-Stacking.pdf
Sur, E., & Ünal, E. (2024). The Mediating Role of Reading Attitude in the Relationship between Elementary School Students’ Reading Engagement and Reading Comprehension Skills. Kuramsal Eğitimbilim, 17(2), 307–323. https://doi.org/10.30831/akukeg.1276067
Van Dyke, J. A. (2021). Introduction to the special issue: mechanisms of variation in reading comprehension: processes and products. Scientific Studies of Reading, 25(2), 93–103. https://doi.org/10.1080/10888438.2021.1873347
Wafa, N. M., & Wiranti, D. A. (2024). Efektivitas media komik digital terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 3 Kawak. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2). https://afeksi.id/jurnal/index.php/afeksi/
Wibowo, S., Wangid, M. N., & Firdaus, F. M. (2025). The relevance of vygotsky’s constructivism learning theory with the differentiated learning primary schools. Journal of Education and Learning, 19(1), 431–440. https://doi.org/10.11591/edulearn.v19i1.21197
Winarni, E. W., Hambali, D., & Purwandari, E. P. (2020). Analysis of language and scientific literacy skills for 4th grade elementary school students through discovery learning and ict media. International Journal of Instruction, 13(2), 213–222. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13215a
Wooten, J. O., & Cuevas, J. A. (2024). The effects of dual coding theory on social studies vocabulary and comprehension in elementary education. International Journal on Social and Education Sciences, 6(4), 673–691. https://doi.org/10.46328/ijonses.696
Yulia, N. M., Suttrisno, Sa’diyah, Z., & Ni’mah, D. (2023). Pendidikan karakter sebagai upaya wujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 429–441. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1204
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v11i2.15723
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 The Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.