Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn di SMA Negeri 1 Batukliang Utara
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Badrujaman. (2010). Cara Mudah Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Mata Pelajaran dan Guru Kelas. Jakarta: Trans Info Media.
Dalem, I. D. P. A., Nyeneng, I. D. P., & Suana, W. (2017). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar materi Hukum Newton tentang gerak. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 5(3), 1-11.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. cetakan keempat. Jakarta: Rineka Cipta.
Handika, I., & Wangid, M. N. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 1(1), 85-93
Ibrahim, A. S. E. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa SMA Negeri 1 Palu. Katalogis, 5(4), 9-20.
Khasinah, S. (2013). Classroom Action Research. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 4(1), 107-114.
Kemmis, S., & Taggart, M. (2002). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.
Nurhadi, B. Y., & Senduk, A. G. (2004). Pembelajaran kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang Pres.
Oktaviani, A., Reinita, R., & Abidin, Z. (2018). Pengaruh Model PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar. e-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 1-16.
Pupuh, F., & Sobry, M. S. (2010). Strategi Belajar Mengajar melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama
Rabiah, R. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas V SD Negeri 008 Banjar Nan Tigo Kecamatan Inuman. Jurnal Pajar, 1(1), 53-59.
Resvan, R., Suryani, S., & Kaswari, K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 5(12), 1-7.
Riyanto, Y. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Prenada Media Group.
Roestiyah, N.K. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Rozak, M.A. (2005). Implikasi Prinsip-prinsip Belajar Bagi Siswa. Modul tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang.
Sulamiasih, N. K., Dantes, D. N., Candiasa, D. I. M., & Komp, M. I. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD Gugus II Kecamatan Tejakula Tahun Pelajaran 2014/2015. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 1-7
Sulastri, S., Imran, I., & Firmansyah, A. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako, 3(1), 90-103.
Suparni, S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(1), 36-41.
Windhasari, R., Si, M., & Budhi, W. (2015). Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran dan Hasil Belajar IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Trihayu, 1(2): 123-127.
Yusmanidar, Y., Khaldun, I., & Mudatsir, M. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Metode Praktikum Dalam Upaya Meninggkatkan Keterampilan Proses Sain Dan Motivasi Siswa Pada Pokok Bahasan Hidrolisis Garam. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(1), 73-80.
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v5i1.1386
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Akbar Akbar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.