Meningkatkan Kemampuan Menulis Proposal Karya Ilmiah dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Strategi Mind Maps pada Siswa Kelas XI IPA-1 SMA Negeri 3 Mataram

Nur Hasanah

Abstract


Abstract: The goals of this study is to describe the development of students’ competence in research proposal writing of Indonesian language subject using mind maps strategy. The study was conducted in three cycles. The result of the study the learning strategy can increase the students’ achievement. In the first cycle it had got 9.5% to be 50% in the second cycle at the last cycle get 100%. In the classical it got the standart of learning at SMAN 3 Mataram.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis Proposal Karya
Ilmiah siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan strategi belajar mandiri mind maps. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 3 (tiga) siklus. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari 9,5% pada Siklus I, dapat meningkat pada Siklus II menjadi 50% dan Siklus III mencapai 100%, dan secara klasikal telah mencapai ketuntasan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan strategi mind maps dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Mataram .


Keywords


Menulis; Pembelajaran; Mind Maps.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A dan Setyaningsih, Y. 2000. Transformasi Pendidikan Memasuki Melinium Ketiga. Yogyakarta : Kanisius dan Universitas Sanata Dharma.

Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas X. Terbitan ESIS

Depdikbud, 2004. Kurikulum 2004 Sekolah Menengah Kejuruan (SMA). Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Hariyono, Eko, 2002. Teori Pembelajaran Metode Diskusi. Surabaya : Unesa.

Mulyasa, E, 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakterisktik, Implementasi, dan Inovasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Pudji Isdriani,2002 Seribu Pena bahasa Indonesia untuk SMA/MA kelas XI,Erlangga.

Sadikin, dkk, 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya : Insan Cendekia.

Soetjipto, 2000. Diskusi Kelas Bagian 2. Surabaya : Unesa.

Silberman Mel, 2009. Active Learning 101 Strategi Pembelajran

Acktif. Yogyakarta, PT Insan Madani.

Supriyono dan Masitah, 2003.Keterampilan Dasar Mengajar. Jakarta

: Depdiknas.

Tim Penyusunan, 2003. Standar Kompetensi. Jakarta : Depdiknas.

Tjokrodiharjo, Soegijo, 2000. Diskusi Kelas Bagian I. Surabaya : Unesa.

Usman, Uzer. 2003. Menjadi Guru Profesional.Jakarta : PT. Remaja

Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Nur Hasanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran

E-ISSN: 2442-7667

Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected] 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.