Pengembangan Perangkat Model Blended Learning untuk Meningkatkan Efektivitas Penerapan Pendidikan Jarak Jauh di SMKN 2 Gerung

Muzakkir Muzakkir, Restu Wibawa, Fitri Astutik, Muhakkikin Muhakkikin

Abstract


Abstract: This study aims to develop a set of blended learning models to improve the effectiveness of the
application of a long distance education in SMK 2 Gerung. This research used research and development (R & D). This research developed learning tools that support the effectiveness of the blended learning application. The tools to be developed were modules, syllabus, learning implementation plans and guidebooks for Schoology use. Product development process was done through the stages of defining, designing and developing after being tested. The design of this study was only one group for the implementation of product testing. The research was conducted in Class X of SMK 2 Gerung West Lombok. Based on the results of students learning data, it was obtained asymp values. Sig = 0.000 which means smaller than <0.05. So, it can be concluded that there is a difference between students learning outcomes of pretest and posttest which means that the blended learning model can increase the effectiveness of long distance education. The mastery of the standard score of learning outcomes for posttest scores = 84 from the value of the standard score 72 and the percentage of students who complete up to 80%. Based on the responses of students, it was found as much as 80% of students who answered the criteria of Strongly Agree (ST). From these results, the tools of the blended learning model can support the effectiveness of the implementation of long distance education.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat model blended learning untuk
meningkatkan efektivitas penerapan pendidikan jarak jauh di SMKN 2 Gerung. Penelitian ini termasuk jenis reaserch and development (R&D). Melalui penelitian ini akan mengembangkan perangkat pembelajaran yang mendukung efektivitas penerapan blended learning. Perangkat yang akan dikembangkan berupa modul, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran dan buku panduan pemanfaatan Schoology. Proses pengembangan produk melalui tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop) setelah itu diuji coba. Desain penelitian ini hanya satu kelompok untuk pelaksanaan uji produk. Penelitian dilaksanakan di Kelas X SMKN 2 Gerung Lombok Barat. Berdasarkan olah data hasil belajar siswa diperoleh nilai Asymp.Sig = 0.000 artinya lebih kecil dari < 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa untuk pretest dan postest artinya perangkat model blended learning dapat meningkatkan efektivitas pendidikan jarak jauh. Ketuntasan hasil belajar rata-rata nilai postest = 84 dari nilai KMM 72 dan presentase siswa yang tuntas 80%. Berdasarkan respon siswa sebanyak 80% siswa yang menjawab pada kriteria Sangat
Setuju (ST). Dari hasil tersebut bahwa perangkat model blended learning dapat menunjang efektivitas
pelaksanaan pendidikan jarak jauh.


Keywords


Perangkat Pembelajaran; Blended Learning; Pendidikan Jarak Jauh.

Full Text:

PDF

References


Kuntarto, Eko dan Asyhar, Rayandra. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Aspek Learning Design Dengan Platform Media Sosial Online Sebagai Pendukung Perkuliahan Mahasiswa. https://repository.unja.ac.id Artikel

Jurnal-Blended Learning (akses Maret 2018).

Nugroho. Agung, Ariyawan. 2007. Optimalisasi Peran Teknologi

Informasi (Internet) Dalam Meningkatkan Efektifitas Dan Kualitas Proses Pembelajaran PJJ S1 PGSD. Majalah Ilmiah Pembelajaran No 2 (2007): Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran Edisi Oktober 2007. Publisher: Majalah Ilmiah Pembelajaran http://id.portalgaruda.org (Di akses Tanggal 02/06/17)

Parwitaningsih . 2010. Modal Sosial Dan Modal Manusia Pada Pendidikan Jarak Jauh Di Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Volume 11, Nomor 1, Maret 2010, 26-34. (Di akses Tanggal 02/06/17) Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Jarah

jauh. Tahun 2016. http://kuliahdaring.dikti.go.id/s/berkas/view/1/panduan/pjj (diakses 26 Desember 2016)

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi

Konstruktivistik, Konsep, Landasan Teoritis-Praaktek Dan

Implementasinya. Jakarta prestasi pustaka publisher




DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Muzakkir Muzakkir, Restu Wibawa, Fitri Astutik, Muhakkikin Muhakkikin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran

E-ISSN: 2442-7667

Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika

Email: [email protected] 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.