Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Pembelajaran Kooperatif Metode Think Pair Share pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Mataram
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi melalui
pembelajaran kooperatif metode Think Pair Share pada siswa kelas sembilan SMAN 3 Mataram. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran kooperatif metode Think Pair Share memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas sembilan Ilmu Sosial di SMAN 3 Mataram, di mana terdapat peningkatan pada siswa Skor standar pada setiap siklus yaitu siklus I (33,33%), siklus II (66,66%), dan siklus III (93,33%).
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran mata pelajaran ekonomi melalui
metode kooperatif think pair share pada siswa kelas XI di SMAN 3 Mataram. Metode penelitian
ini menggunakan metode penelitian kelas dengan dua siklus. Instrumen pengumpulan data
menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif
kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif Think Pair Share memiliki pemikiran positif dalam meningkatkan pembelajaran siswa di kelas XI IPS-1 di SMA Negeri 3 Mataram yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus I (33,33%), siklus II (66,66%), dan siklus III (93,33%).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali Muhammad, 2004. Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Sinar Baru
Albensindo, Bandung Isjoni, 2007, Cooperatf Learning. Alfabeta,
Bandung
Mulyasa. E. 2006. Kurikulum Yang Disempurnakan “ Pengembangan
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar”. PT.Remaja Rosdakarya.
Bandung.
Nasution. S.2005. Berbagai Pendekatan Dalam proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.
Nur, dkk. 1997. Pembelajaran Kooperatif. Pusat Sains dan Matematika Sekolah. Program Pascasarjana UNESA, Surabaya.
Nurhayati B, & Lukman Wellang Sappe, 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jurusan Ekonomi FMIPA UNM Makasar.
Popham W. James, Eval, Baker. 2005. Teknik Mengajar Secara Sistematik. Rineka Cipta.Jakarta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya Rineka Cipta. Jakarta
Syafrudin dan Nasution Irwan. 2005. Manajemen Pembelajaran Quantum Teaching. Jakarta
Ubana M & Sudrajat. 2005. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Pustaka Setia.
Bandung Wiriaatmadja Rochiati. 2007. Model Penelitian Tindakan Kelas Untuk meningkatkan kinerja guru dan Dosen. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung
DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1122
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Erna Suryani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kependidikan : Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
E-ISSN: 2442-7667
Published by LPPM Universitas Pendidikan Mandalika
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.