Research and Development of Mathematics Teaching Material Integrated with Islamic Values: A Systematic Literature Review
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agusti, F. A., Herman, T., & Zafirah, A. (2023). Kemampuan Penalaran Imitatif dan Kreatif Matematis Siswa Smp Pada Materi Persamaan Garis Lurus. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1).
Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan penalaran matematis: systematic literature review. LEMMA: Letters Of Mathematics Education, 8(2), 61–75.
Ariningsih, I., Rizki Amalia, dan, Riau, K., Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, P., Ilmu Pendidikan, F., & Pahlawan Tuanku Tambusai, U. (n.d.). Nomor 2 Tahun 2020 Halaman 1-8. In Journal on Teacher Education Research & Learning In Faculty Of Education Journal on Teacher (Vol. 1).
Astutik, M. S. D., Syamsuri, S., Nindiasari, H., & Sukirwan, S. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Berbasis Hots Terintegrasi Agama untuk Siswa Mts Kelas VII. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 5(1), 13–20.
Ayu, A., & Anas, N. (2023). Development of Student Worksheets Based on Contextual Teaching and Learning in Ecosystem Learning Materials. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 11(3), 828-835. doi:https://doi.org/10.33394/j-ps.v11i3.8538
BSKAP. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Fase A-F. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322.
Erikson, E. H. (1950). Growth and crises of the" healthy personality.".
Febryanti, F., & Ahmad, H. (2019). Pengaruh Model Kepala Bernomor Struktur Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Pepatudzu: Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 15(2), 136–150.
Grønmo, L. S., Lindquist, M., Arora, A., & Mullis, I. V. S. (2015). TIMSS 2015 mathematics framework. Timss, 11–27.
Hamidah, I., & Susilawati, S. (2023). Pembelajaran Matematika Berintegrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL), 2(1), 29–36. https://doi.org/10.56855/intel.v2i1.143
Hanafi, H. (2017). Konsep penelitian R&D dalam bidang pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150.
Haviz, M. (2016). Research and development; penelitian di bidang kependidikan yang inovatif, produktif dan bermakna. Ta’dib, 16(1)
Hendriyanto, A., Kusmayadi, T. A., & Fitriana, L. (2021). Explain Point and Line Positioning Materials Using the Ethnomathematical Approach to Enhance Students’ Geometric Thinking Skills. Psychology and Education, 58(5), 4199–4214.
Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. (2022). Studi Pendahuluan Hubungan Korelasi Motivasi Belajar Dan Pemahaman Matematis Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(1), 7-11.
Imamuddin, M., Musril, H. A., & Isnaniah, I. (2022). Pengembangan soal literasi matematika terintegrasi Islam untuk siswa madrasah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1355–1371.
Ismail, R., Retnawati, H., & Imawan, O. R. (2021). Model Pembelajaran Project-Based Learning dan Probem-Based Learning Untuk Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Siswa SMP.
Juandi, D. (2021). Heterogeneity of problem-based learning outcomes for improving mathematical competence: A systematic literature review. Journal of Physics: Conference Series, 1722(1), 012108.
Kari, D., Ayub, S., & Verawati, N. (2022). The Validity of the Discovery Learning Model to Improve Students Creative Thinking Skills. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 10(2), 183-191. doi:https://doi.org/10.33394/j-ps.v10i2.4720
Kitchenham, B., Brereton, O. P., Budgen, D., Turner, M., Bailey, J., & Linkman, S. (2009). Systematic literature reviews in software engineering–a systematic literature review. Information and Software Technology, 51(1), 7–15.
Krisnawati, S., & Iyam, M. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335-344.
Mazana, Yahya Mzomwe. Suero Montero, Calkin. Olifage, Casmir Respickius. (2019). Investigating Students' Attitude towards Learning Mathematics. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14 (1) , 207-231. 10.29333/iejme/3997.
Mielgo-Conde, I., Seijas-Santos, S., & Grande-de-Prado, M. (2021). Review about online educational guidance during the COVID-19 pandemic. Education Sciences, 11(8), 411.
Miftachurohmah, N., Nasruddin, N., Jahring, J., Sugiarto, A., Anasi, P., Syarifuddin, S., & Sejati, A. (2022). Implementation of the Creative Problem Solving (CPS) Learning Model Based on Information and Communicaton Technologies (ICT) to Improve Mathematics Learning Outcomes. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 10(4), 972-880. doi:https://doi.org/10.33394/j-ps.v10i4.5828
Nasuha, A., & Ammamiarihta, A. (2023). The Analysis of Mathematical Literacy Ability in PISA Oriented Questions with Uncertainty and Data Content Based On Gender. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 11(4), 960-971. doi:https://doi.org/10.33394/jps.v11i4.8778
Nurdiyana, R. A., Pujiastuti, H., & Anriani, N. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2735-2748.
Nurhamdiah, N., Maimunah, M., & Roza, Y. (2020). Praktikalitas bahan ajar matematika terintegrasi nilai islam menggunakan pendekatan saintifik untuk pengembangan karakter peserta didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 193–201.
Pangestu, Realita A., and Sutirna Sutirna. "Analisis Kepercayaan Diri Siswa terhadap Pembelajaran Matematika." Maju, vol. 8, no. 1, 2021.
Rachmiati, W., & Mansur, M. (2021). Video pembelajaran matematika terintegrasi nilai-nilai keislaman untuk mengembangkan pemahaman matematis dan karakter religius siswa SD. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 13(1), 59–72.
Roliana, E. (2018). Urgensi pengenalan konsep bilangan pada anak usia dini. Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.
Rusuli, I. (2022). Psikososial Remaja: Sebuah Sintesa Teori Erick Erikson dengan Konsep Islam. Jurnal As-Salam, 6(1), 75–89.
Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). Filsafat Matematika: Kedudukan, Peran, Dan Persepektif Permasalahan Dalam Pembelajaran Matematika. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 10(01), 15–28.
Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insights and interpretations. OECD Publishing.
Suhandri, S., & Sari, A. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Kontekstual Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 131–140.
Supriadi, N. (2015). Mengembangkan kemampuan koneksi matematis melalui buku ajar elektronik interaktif (BAEI) yang terintegrasi nilai-nilai keislaman. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 63–74.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode systematic literature review untuk identifikasi platform dan metode pengembangan sistem informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63–77.
Widiyastuti, W., & Noor, N. L. (2022). Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi: Islam dalam Matematika. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 5(2), 103–111.
Widiyawati, W., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa SMK pada materi trigonometri. Jurnal Analisa, 6(1), 28-39.
Winarni, S. (2013). Integrasi pendidikan karakter dalam perkuliahan. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1).
Winarso, W., & Wahid, S. (2020). Development of mathematics teaching device integrated with quranic values: Issues, challenges, and implementation model. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(1), 95–117. https://doi.org/10.26803/ijlter.19.1.6
Zaditania, A. P., & Ruli, R. M. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Himpunan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 328-336.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v12i2.9519
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Hania Rahmah, Turmudi Turmudi, Muhammad Tareq Ghifari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.