Teachers' Perceptions about the Implementation of Independent Learning Curriculum in Science Education
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggila,W.(2022). Persepsi Guru Bidang Studi Ips Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Di SMP Negeri Sekecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Jurusan Pendidikan Sains Dan Sosial Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu
Ainia, D.K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95– 101
Alaika M. Bagus Kurnia PS. (2020). Menyorot Kebijakan Merdeka Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Cahyanti, D. (2021). Pembelajaran di Era Merdeka Belajar. https://www.timesindonesia. co.id/Read/News/341708/Pembelajaran-Di-EraMerdekaBelajar
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Hidayat. (2015). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung
Mantra, N.B.I, (2022). Persepsi Guru Terhadap Pentingnya Pelatihan Pengembangan Dan Pelaksanaan Kurikulum MerdekaJurnal Inovasi Penelitian Volume 3 No.5
Kemendikbud.(2019). Merdeka Belajar : Pokok-Pokok Kebijakan Merdeka Belajar, Jakarta: Makalah Rapat Koordinasi Kepala Dinas Pendidikan Seluruh Indonesia
Mustaghfiroh, Siti. (2020). Konsep Merdeka Belajar Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey, Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, Vol. 3, No. 1, Maret 2020
Ramayulis.2012.Profesi Dan Etika Keguruan,Padang : Rineka Cipta
Rahman,S,M. 2021. Persepsi Guru Terhadap Kebeijakan Merdeka Belajar Tentang Penyederhaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Di MTs Negeri 1 Manado. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan [FTIK] IAIN Manado Volume 03 Nomor 01
Sibagariang,D. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan: Volume 4 No.2.
Slameto. (2010).Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhi.Jakarta : Rieneka Cipta
Sugiono.2013. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.Bandung:Alpabeta
Tiwikrama, S.A., & Afad, M.N. (2021). Merdeka Belajar Dari Rumah: Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Lokalitas Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat.
Walgito,B. (2010). Pengantar Psikologi Umum(edisi revisi), Yogjakarta: CV.Andi offset.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v11i1.6728
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Apriani Sijabat, Palma Juanta, Revi Gina Gunawan, Lufri, Asrizal, Hardeli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.