Comparing Student Creativity Skills in Experiment-Based and Project-Based Science Learning
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariana, D., Situmorang, R. P., & Krave, A. S. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA SMA. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 11 (1), 34-46.
Assriyanto, K. E., Sukardjo, J. S., & Saputro, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah melalui Metode Eksperimen dan Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Kreativitas Siswa pada Materi Larutan Penyangga di SMAN 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3 (3), 89-97.
Buck Institute of Education. (2007). How Does Project-Based Learning Work? Available at http://www.edutopia.org/project-basedlearning-guide-implementation [accessed Nov, 10th 2020]
Busyairi, A. & Sinaga, P. (2015). Strategi Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Eksperimen untuk Meningkatkan Kemampuan kognitif dan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pengajaran MIPA, 20 (2), 133-143.
Dwiyanti, G. (1999). Pengembangan Model Pelaksanaan Praktikum Kimia Organik Skala Mikro di LPTK. Laporan Penelitian Bandung : FPMIPA IKIP Bandung.
Fatmawati, B. (2011). Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 16 (2), 85-92.
Hu, W., & Adey, P. (2002). A scientific creativity test for secondary school students. International Journal of Science Education, 24 (4), 389–403.
Indriana, V., Arsyad, N., & Mulbar, U. (2015). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Poe (Predict – Observe - Explain) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI IPA-1 SMAN 22 Makassar. Jurnal Daya Matematis, 3(1), 51-62.
Iswadi, H. (2018). Sekelumit Dari Hasil PISA 2015 Yang Baru Dirilis. Diambil pada tanggal 19 Mei 2019, dari http://www.ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/230/Sekelumit-Dari-Hasil-PISA-2015-Yang-Baru-Dirilis.html.
Mariana, I. M. A., & Praginda, W. (2009). Hakikat IPA dan pendidikan IPA. Bandung: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam.
Munandar. U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta Perkins, D.N , Jay dan Tishman, J.E. (1992). Teaching thinking dispositions: From transmission to enculturation. Cambridge, MA: ALPS. (Online), http://learnweb.harvard.edu/alps/thinking/docs/article2.html, diakses 9 Oktober 2020.
OECD. 2016. PISA 2015. PISA Results and Focus. Paris: OECD Publishing
Pamungkas, A., Subali, B., & Lumuwih, S. (2017). Implementasi Model Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3 (2), 118-127.
Pramanawati, R. I., Utomo, S. B., & Mulyani, S. (2016). Studi Komparasi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Metode Eksperimen Dan Metode Proyek Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Kreativitas Siswa pada Materi Pokok Koloid SMAN 1 Teras Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 5 (2), 52-58.
Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6 (1), 60-71.
Siregar, H. (2020). Kreativitas Siswa dalam Mata Pelajaran IPA. Journal Evaluation in Education (JEE), 1 (1), 21-26.
Sriatun, Ellianawati, Hardyanto, W., & Milah, I. L. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Praktikum Asas Black Berbasis Problem Based Learning dan Berbantuan Macromedia Flash. Phys. Comm. 2(1), 70-75.
Sukaesih, S. (2011). Analisis Sikap Ilmiah dan Tanggapan Mahasiswa Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Praktikum. Jurnal Penelitian Pendidikan, 28 (1), 77-85.
Tseng, K.H, Chang, C.C., Lou, S.J., & Chen, W.P. (2013). Attitudes Towards Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) in A Project Based Learning (Pjbl) Environment. International Journal of Technology and Design Education , 23 (1) :87-102 , ISSN 0957-7572.
Ummah, S. K., In’am, A., & Azmi, R. D. (2019). Creating Manipulatives: Improving Students' Creativity through Project Based Learning. Journal on Mathematics Education, 10 (1), 93-102.
Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2014). Metodologi pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Z. Fieldz, and C. Bisschoff. (2018). Developing and Assessing a Tool to measure The Creativity of University Students. J Soc Sci, 38 (1), 23-31.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Kalimantan Barat.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v10i3.5348
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Binar Ayu Dewanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.