Development of Student Worksheets Based on Argument-Driven Inquiry Learning Model to Improve Students' Critical Thinking Skills
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anindita Widhiya Putri, P., Rahayu, S., Fajaroh, F., & Artikel Abstrak, I. (2020). Efektivitas Argument-Driven Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berargumentasi Ilmiah pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 57–64. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Apriyana, N., Herlina, K., & Abdurrahman. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 92–96.
Bathgate, M., Crowell, A., Schunn, C., Cannady, M., & Dorph, R. (2015). The Learning Benefits of Being Willing and Able to Engage in Scientific Argumentation. International Journal of Science Education, 37(10), 1590–1612. https://doi.org/10.1080/09500693.2015.1045958
Bezanilla, M. J., Fernández-Nogueira, D., Poblete, M., & Galindo-Domínguez, H. (2019). Methodologies for teaching-learning critical thinking in higher education: The teacher’s view. Thinking Skills and Creativity, 33. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2019.100584
Calesta, W., Lubis, P. H. M., & Sugiarti, S. (2021). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Siswa kelas X SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 51–60. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.51-60
Canna Orenta Elcane, D., Purwanto, A., & Hanisa Putri, D. (2021). Pengembangan LKPD Menggunakan Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa SMA Di Kota Bengkulu. Amplitudo: Jurnal Ilmu Dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 9–18.
Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking. Informal Logic, 6(2), 1–8. https://doi.org/10.22329/il.v6i2.2729
Ennis, R. H. (2018). Critical Thinking Across the Curriculum: A Vision. Topoi, 37(1), 165–184. https://doi.org/10.1007/s11245-016-9401-4
Erduran, S. (2018). Toulmin ’ s argument pattern as a “ horizon of possibilities ” in the study of argumentation in science education. Cultural Studies of Science Education. https://doi.org/10.1007/s11422-017-9847-8
Erduran, S., & Jiménez-Aleixandre, M. P. (2008). Argumentation in science education. Perspectives from Classroom-Based Research. Dordre-Cht: Springer.
Ferry Doringin. (2017, August 8). Kurikulum Baru, Keterampilan Abad 21 dan Implementasinya.
Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574
Kurniasari, I. S., Setyarsih, W., Fisika, J., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) untuk Melatihkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa pada Materi Usaha dan Energi Ika Sakti Kurniasari, Woro Setyarsih. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 06(03), 171–174.
Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2018). Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 2(2), 170. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/245
Nufus, H., Rosidin, U., Herlina, K., & Hasnunidah, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Berdasarkan Kemampuan Akademik. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 110–117.
Nurisyani, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi [Thesis (Diploma)]. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
OECD. (2018). PISA 2015: Result in Focus. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/9789264266490-en
Purnama Sari, R., Sakti, I., Hamdani, D., Supratman, J. W., & Limun Bengkulu, K. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fluida Statis dengan Scientific Approach untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMAN Kota Bengkulu. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 1(1), 1–9.
Riduwan. (2015). Dasar-dasar Statistika. Alfabeta.
Sampson, V., & Clark, D. B. (2011). A Comparison of the Collaborative Scientific Argumentation Practices of Two High and Two Low Performing Groups. Research in Science Education, 41(1), 63–97. https://doi.org/10.1007/s11165-009-9146-9
Sampson, V., Grooms, J., & Walker, J. P. (2011). Argument-Driven Inquiry as a way to help students learn how to participate in scientific argumentation and craft written arguments: An exploratory study. In Science Education (Vol. 95, Issue 2, pp. 217–257). https://doi.org/10.1002/sce.20421
Sampson, V., & Walker, J. P. (2012). Argument-Driven Inquiry as a Way to Help Undergraduate Students Write to Learn by Learning to Write in Chemistry. International Journal of Science Education, 34(10), 1443–1485. https://doi.org/10.1080/09500693.2012.667581
Septiaahmad, L., Sakti, I., & Setiawan, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Berbasis Etnosains Menggunakan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 121–130. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.121-130
Suarti, Qaddafi, M., Nur, I., & Jusriana, A. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Fluida Statis, Elastisitas dan Hukum Hooke. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 42–52.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suraya, S., Setiadi, A. E., & Muldayanti, N. D. (2019). Argumentasi Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Metode Debat. EDUSAINS, 11(2), 233–241. https://doi.org/10.15408/es.v11i2.10479
Umbaryati. (2018). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 217–225. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21473
Yulita, D., Caswita, & Suharsono. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Inquiry untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 6(2). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v10i3.5277
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rida Aisyah Putri, Setyo Admoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.