PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SAINS SMP BERORIENTASI PADA PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends, R.I. 2008. Learning to Teach. Belajar untuk Mengajar. Edisi ketujuh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nur, M. 2008. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran: edisi 5. Surabya: PSMS Universitas Negeri Surabaya.
Nur, M. 2008. Teori-teori Perkembangan Kognitif (Cetakan 3). Surabya: PSMS Universitas Negeri Surabaya.
Sudjana. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Suharyono. 2003. Pengembangan Perangkat dengan Pendekatan Sains, Teknologi dan Masyarakat (STM) terhadap literasi sains dan teknologi siswa SLTP Negeri I Singaraja. Tesis. Magister Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.
Sardiman, A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grapindo Persada.
Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tuckman, W.B. 1978. Conducting Educational Research. Second Edition. New York: Rutgers University.
Poedjiadi, A., 2005. Sains, Teknologi, Masyarakat: Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung: Rosda Karya.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v1i1.516
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2013 Hunaepi Hunaepi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.