Development of Science Student Worksheets based on the Bio-Ecology of Cuttlefish (Sepia sp.) Cultivation to Improve Science Literacy for Junior High School Students
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anisa, A. (2017). Meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pembelajaran IPA berbasis potensi lokal Jepara. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 1-11.
Dermawati, N., Suprata, S., & Muzakkir, M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Lingkungan. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 74-78.
Karyadi. B., Endang. W.W., Meri.S., Winda. Z. (2017). Development of Biology Learning Strategy Based on Natural Environment in the Senior High School. Conference Proceeding BICSE. 978-602-8043-84-7: 450456.
Organisation for Economic Co-operation and Development. (2018). PISA 2009 Results: What Students Know and Can Do: Student Performance in Reading, Mathematics and Science (Volume I). Paris: OECD Publishing.
Andi, P. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Jogjakarta DIVA pres.
Purnomo, D. (2012). Pengaruh penggunaan modul hasil penelitian pencemaran di sungai pepe surakarta sebagai sumber belajar biologi pokok bahasan pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar siswa..Jurnal Pendidikan Biologi 5(1): 59-69.
Purwanto, D. (2013). Pengembangan Media Komik IPA Terpadu Tema Pencemaran Air Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa SMP Kelas VII. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 1(01).
Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 433-440.
Setyowati, R. (2013). Pengembangan modul IPA berkarakter peduli lingkungan tema polusi sebagai bahan ajar siswa SMK N 11 Semarang.Unnes Science Education Journal 2 (2).
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mscience, 14(3), 135-140.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v9i1.3964
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Lalu Muhammad Imam Husaini M. Nasir, Agil Al Idrus, Agus Ramdani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.