Improving Students' Scientific Literacy: Learning Studies Using Science Teaching Materials on Circulatory System Materials
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adisendjaja, Y. H. (2008). Analisis buku ajar biologi sma kelas x di kota bandung berdasarkan literasi sains. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Amin, A. K. (2016). Analisis Bahan Ajar Modul Statistika Pada Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(2), 1-8.
Ariningsih, I., Nawawi, E., & Hartono, H. (2014). Pengembangan Panduan Praktikum Kimia Berbasis Inkuiri Terstruktur Di Kelas Xii Sman 1 Indralaya Utara. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 1(2), 147-155.
Azmy, M. K., Purwoko, A. A., & Hadisaputra, S. (2018). Development of teaching materials based on problem-based learning (PBL) to improve student learning outcomes. Proceedings Book.
Dick, W., Carey, L., Carey, J.O. (2011). The Systematic Design of Instruction. United State of America: P.A. Hutchison Company.
Fakhriyah, F., Masfuah, S., Roysa, M., Rusilowati, A., & Rahayu, E. S. (2017). Student's Science Literacy in the Aspect of Content Science?. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 122870.
Farida, N., & Suryadinata, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aljabar Linear Berbasis Open Ended. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 145-151.
Fitriani, W., & Lestari, I. (2014). Deskripsi Literasi Sains Siswa Dalam Model Inkuiri Pada Materi Laju Reaksi Di Sman 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(1).
Gultom, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Inovatif Melalui Pendekatan Saintifik pada Pengajaran Termokimia. Jurnal Kimia Saintek Dan Pendidikan, 1(1), 22-29.
Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomesand Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 11(7), 664-674.
Hasanah, J., Jamaludin, J., & Prayitno, G. H. (2019). Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terstruktur Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik SMP. Jurnal Pijar MIPA, 14(2), 18-24.
Jufrida, J., Basuki, F. R., Kurniawan, W., Pangestu, M. D., & Fitaloka, O. (2019). Scientific Literacy and Science Learning Achievement at Junior High School. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(4), 630-636.
Komalasari, B. S., Jufri, A. W., & Santoso, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(2), 219-227.
Nieveen, N. (1999). Prototyping to reach product quality. In Design approaches and tools in education and training (pp. 125-135). Springer, Dordrecht.
Nurhasnah, N., & Sari, L. A. (2020). E-Modul Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik SMA/MA Kelas XI. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1), 29-40.
Permatasari, I., Ramdani, A., & Syukur, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terintegrasi Sets (Science, Environment, Technology And Society) pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 74-78.
Pursitasari, I. D., Suhardi, E., Ardianto, D., & Arif, A. (2019). Pengembangan bahan ajar bermuatan konteks kelautan untuk meningkatkan literasi sains siswa. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 3(2), 88-105.
Putra, M. I. S., Widodo, W., & Jatmiko, B. (2016). The development of guided inquiry science learning materials to improve science literacy skill of prospective mi teachers. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 83-93.
Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020a). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 433-440.
Ramdani, A., Syukur, A., Gunawan, G., Permatasari, I., & Yustiqvar, M. (2020b). Increasing Students’ Metacognition Awareness: Learning Studies Using Science Teaching Materials Based on SETS Integrated Inquiry. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 6708-6721.
SAĞLAM, M. K., & ŞAHİN, M. (2017). Inquiry-based professional development practices for science teachers. Journal of Turkish Science Education, 14(4), 66-76.
Setiawan, A. R. (2019). Efektivitas pembelajaran biologi berorientasi literasi saintifik. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 83-94.
Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., Harjono, A., & Ramdani, A. (2020). The Validation of Learning Management System in Mechanics Instruction for Prospective Physics Teachers. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(1), 99-106.
Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun literasi sains peserta didik. Bandung: Humaniora, 1-205.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v9i1.3878
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Karimah Karimah, A. Wahab Jufri, Agus Ramdani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.