PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL PADA MATAPELAJARAN FISIKA SMA

Hikmawati Hikmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis keunggulan lokal pada matapelajaran Fisika SMA. Keunggulan lokal yang dimaksud adalah objek wisata seperti pantai, gili, dan air terjun. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Guru, Buku Siswa, Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB). Pada tahap Define dilakukan penetapan dan pendefinisian syarat-syarat pembelajaran. Pada tahap Design dilakukan penyusunan prototipe perangkat pembelajaran. Pada tahap Develop dilakukan validasi perangkat pembelajaran oleh Pakar yang dilanjutkan dengan revisi. Tahap Define, Design, dan Develop dilaksanakan mulai Maret hingga Juni 2014. Tahap Disseminate akan dilakukan pada September 2014 untuk menguji efektivitas penggunaan perangkat pembelajaran di Kelas. Rentang skor penilaian Validator terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah 1 (tidak baik) hingga 4 (sangat baik) ditinjau dari aspek: format, isi, dan bahasa. Nilai yang diberikan oleh Validator adalah 3 dengan kriteria baik sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis keunggulan lokal pada matapelajaran Fisika SMA dapat digunakan dengan sedikit revisi

Keywords


perangkat pembelajaran, keunggulan lokal

Full Text:

PDF

References


Anwar. 2006. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education): Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2012. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Jogjakarta: DIVA Press.

Hikmawati, dkk. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal melalui Pola Lesson Study sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika. Laporan Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi. Mataram: Universitas Mataram.

Hikmawati, dkk. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Memanfaatkan Tema Objek wisata Daerah Lombok. PROSIDING Seminar Nasional Pariwisata dengan tema “Optimalisasi IPTEKS untuk Pengembangan Pariwisata yang Berkelanjutan”. Kamis, 12 September 2013, Universitas Mataram. Mataram: FKIP Press Universitas Mataram.

Hikmawati, dkk. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Memanfaatkan Tema Objek Wisata di Pulau Lombok pada Matakuliah Strategi Pembelajaran Fisika. PROSIDING Seminar Nasional dengan tema “Penelitian, Pembelajaran Sains, dan Implementasi Kurikulum 2013. Sabtu, 7 Desember 2013, Hotel Lombok Garden mataram, NTB. Mataram: Prodi Magister Pendidikan IPA, PPs Universitas Mataram.

Ibrahim, Muslimin. 2003. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Jufri, A. Wahab & Hikmawati. 2012. Upaya Meningkatkan Kecakapan Hidup Siswa Melalui Pengembangan Model Pemberdayaan Kompetensi Profesional Guru dalam Merancang Media Instruksional Sains Inovatif Berbasis inkuiri. Laporan Penelitian Strategis Nasional TA 2012. Mataram: Universitas Mataram.

Lukman, Lalu. 2005. Pulau Lombok Dalam Sejarah Ditinjau Dari Aspek Budaya. Mataram.

Nur, Mohamad. 2008. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: PSMS UNESA.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Safi’i, Lalu. 1999. Suku Sasak Dalam Dekapan Budaya. Jakarta: PT Ardadizya Jaya.

Samani, Muchlas. 2009. Panduan Penyusunan Proposal: Program Per¬luasan dan Penguatan Lesson Study di LPTK (Lesson Study Dissemination Program for Strengthening Teacher Education in Indonesia-LEDIPSTI). Jakarta: Direktorat Ketenagaan Dirjendikti Depdiknas.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sunarpi. 2014. Sambutan Rektor Universitas Mataram. PROSIDING Seminar Nasional dengan tema “Penelitian, Pembelajaran Sains, dan Implementasi Kurikulum 2013. Sabtu, 7 Desember 2013, Hotel Lombok Garden mataram, NTB. Mataram: Prodi Magister Pendidikan IPA, PPs Universitas Mataram.

Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka




DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v2i1.1054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2014 Hikmawati Hikmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats